PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, DAN SOLVABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PADA TAHUN 2017-2022

SAHLAN AFRI RAMADHAN, . (2024) PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, DAN SOLVABILITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA SEKTOR INDUSTRI BARANG KONSUMSI YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PADA TAHUN 2017-2022. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (691kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (285kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (243kB)
[img] Text
LAMPIRAN DAN RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat pengaruh profitabilitas, likuiditas, dan solvabilitas terhadap nilai perusahaan pada sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di BEI pada tahun 2017-2022. Nilai perusahaan diproksikan dengan tobin’s q, profitabilitas diproksikan dengan ROA, likuiditas diproksikan dengan current ratio, dan solvabilitas diproksikan dengan DAR. Penelitian ini menggunakan 35 perusahaan sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di BEI. Metode pengambilan sampling menggunakan purposive sampling dengan kriteria sampel. Teknik analisis yang digunakan adalah model regresi data panel. Penelitian ini juga menggunakan variabel kontrol yaitu ukuran perusahaan. Hasil penelitian pada keseluruhan periode menunjukkan bahwa profitabilitas memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, likuiditas memiliki pengaruh yang positif namun tidak signifikan terhadap nilai perusahaan, sedangkan solvabilitas memiliki pengaruh yang negatif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan sektor industri barang konsumsi. Sedangkan untuk periode sebelum pandemi covid-19 mengahasilkan bahwa profitabilitas dan likuiditas memiliki pengaruh yang negatif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan, dan solvabilitas memiliki pengaruh yang positif tetapi tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Penelitian ini pada periode covid-19 menghasilkan bahwa profitabilitas memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, dan likuiditas dan solvabilitas memiliki pengaruh yang positif tetapi tidak signifikan.***** This research aims to see whether profitability, liquidity, and solvency influence the value of companies in the consumer goods industry sector listed on the IDX in 2017-2022. Company value is measured by Tobin's Q, profitability by ROA, liquidity by the current ratio, and solvency by the DAR. This research uses a sample of 35 companies in the consumer goods industry sector listed on the IDX. The purposive sampling method is employed with specific sample criteria. The analysis technique used is a panel data regression model. This research also considers a control variable, namely company size. The results of this research show that profitability has a positive and significant influence on company value, liquidity has a positive but not significant influence on company value, while solvency has a negative and insignificant influence on company value in the consumer goods industry sector. Meanwhile, for the period before the Covid-19 pandemic, profitability and liquidity had a negative and not significant influence on company value, and solvency had a positive but not significant influence on company value. This research during the Covid-19 period resulted that profitability had a positive and significant influence on company value, and liquidity and solvency had a positive but not significant influence.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Agung Dharmawan Buchdadi, ST, MM, Ph.D ; 2). M. Edo S. Siregar, SE, M.BA
Subjects: Ilmu Sosial > Perdagangan, e-commerce > Akuntansi
Manajemen > Manajemen , Business
Divisions: FE > S1 Manajemen
Depositing User: Users 25392 not found.
Date Deposited: 12 Aug 2024 01:34
Last Modified: 12 Aug 2024 01:34
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/49749

Actions (login required)

View Item View Item