Pengujian Larutan Standar Formalin dan Sampel Ikan Kembung (Rastrellinger sp.) Terhadap Senyawa Betasianin Dari Ekstrak Umbi Bit (Beta vulgaris L.) untuk Perancangan Sensor Watery Kit Test

LAILA MANGGARANI BATAU, . (2024) Pengujian Larutan Standar Formalin dan Sampel Ikan Kembung (Rastrellinger sp.) Terhadap Senyawa Betasianin Dari Ekstrak Umbi Bit (Beta vulgaris L.) untuk Perancangan Sensor Watery Kit Test. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER[L].pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (984kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V KESIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN DAN DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan bahan pengawet pada bahan pangan yang mengandung protein tinggi seperti ikan kembung. Menurut Peraturan Menteri Kesehatan No. 722/Menkes/Per/88 tentang Bahan Tambahan Pangan. Penggunaan formalin dalam makanan dilarang karena formalin pada makanan yang dikonsumsi dapat menimbulkan efek yang buruk bagi kesehatan. Alternatif pengujian formalin dapat dilakukan dengan menggunakan ekstrak tanaman dalam penelitian ini yaitu umbi bit yang mengandung senyawa betasianin melalui reaksi perubahan warna. Penelitian ini bertujuan menentukan konsentrasi minimum larutan standar formalin yang dapat terdeteksi oleh senyawa betasianin ekstrak umbi bit, menentukan kandungan total betasianin yang terdapat dalam ekstrak umbi bit, serta menganalisis perubahan warna yang terjadi pada sampel ikan kembung yang mengandung formalin saat direaksikan dengan watery kit test. Metode yang digunakan adalah eksperimen secara kualitatif dan kuantitatif. Watery kit test berhasil dibuat dari umbi bit yang dilarutkan dengan Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) dan cuka dapur. Hasil sprektrofotometer Uv-Vis menunjukkan bahwa watery kit test memiliki absorbansi 0,6135 pada panjang gelombang 529 nm dengan kadar betasianin 603,83 mg/g. Pada pengujian larutan standar formalin dan sampel ikan kembung, watery kit test tidak mengalami perubahan warna pada konsentrasi 100 ppm namun terjadi perubahan warna dari merah muda menjadi ungu muda pada konsentrasi 300 ppm – 1000 ppm yang menandakan batas deteksi dari watery kit test formalin yang telah dibuat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Irwan Saputra, M.Si., Ph.D. 2). Dr. Irma Ratna Kartika, M.Sc.Tech.
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Kimia
Depositing User: Users 25240 not found.
Date Deposited: 12 Aug 2024 02:08
Last Modified: 12 Aug 2024 02:08
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/49760

Actions (login required)

View Item View Item