PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK KELAS XI TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 1, 5 DAN 55 DI JAKARTA (Penelitian efektivitas pelaksanaan pembelajar yang diaksanakan oleh guru mata pelajaran instalasi penerangan listrik kd 3.5 dan 4.5 kelas XI jurusan TITL dari SMK Negeri 1, 5 dan 55)

AGENG KHAIRUN NISA, . (2020) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK KELAS XI TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMK NEGERI 1, 5 DAN 55 DI JAKARTA (Penelitian efektivitas pelaksanaan pembelajar yang diaksanakan oleh guru mata pelajaran instalasi penerangan listrik kd 3.5 dan 4.5 kelas XI jurusan TITL dari SMK Negeri 1, 5 dan 55). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf

Download (712kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (772kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (15MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, 1) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran instalasi penerangan listrik kelas XI TITL SMK Negeri 1, 5 dan 55 di Jakarta. Pelaksanaa pembelajaran adalah kegiatan yang bernilai edukatif yang menjadi salah satu hal berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Dimana kriteria yang perlu dipenuhi adalah kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran baik dan hasil belajar peserta didik tuntas secara klasikal. Kriteria pelaksanaan pembelajaran tersebut diharapkan mampu memperbaiki ataupun meningkatan pelaksanaan pembelajaran terutama di SMK Negeri. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran produktif kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri di Jakarta. Sedangkan sampel dari penelitian ini 2 guru berasal dari SMK Negeri 1 Jakarta, 1 guru dari SMK Negeri 5 Jakarta serta 2 guru dari SMK Negeri 55 Jakarta. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji Anava satu arah, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Uji Anava satu arah dilakukan untuk mendapatkan uji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat perbedaan pelaksanaan pembelajaran instalasi penerangan listrik kelas XI yang dilihat pada 2 kriteria. Pada hasil uji anava kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran oleh guru mendapatkan FH 114,3576< FT 3,06, dimana apabila FH < FT, maka Ho ditolak, maka Ha diterima, terdapat perbedaan kemampuan antara guru A, B, C D, dan E menurut guru. Selanjutnya pada uji anava kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran oleh peserta didik mendapatkan FH 3,640414 < FT 2,43, dimana apabila FH < FT, maka Ho ditolak, maka Ha diterima, terdapat perbedaan kemampuan antara guru A, B, C D, dan E menurut peserta didik. Kemudian pada uji anava hasil belajar peserta didik FH 23,13687 < FT 2,43, dimana apabila FH < FT, maka Ho ditolak, maka Ha diterima, terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik antara guru A, B, C D, dan E Kata Kunci: Pelaksanaan Pembelajaran, Kemampuan Guru Dalam Mengelola Pembelajaran, Hasil Belajar Peserta didik This study aims to determine, 1) Determine the implementation of learning subjects in electrical lighting installation class XI TITL vocational high school 1, 5 and 55 in Jakarta. Implementation of learning is an educational activity that is one of the things that affect the learning outcomes of students. Where the criteria that need to be met are the ability of teachers to manage learning well and classically complete student learning outcomes. The criteria for implementing learning are expected to be able to improve or enhance learning implementation, especially in State Vocational High Schools. In this study using a descriptive quantitative approach. The population in this study were productive subject teachers in class XI of Electric Power Installation Engineering at State Vocational Schools in Jakarta. While the sample from this study 2 teachers came from SMK Negeri 1 Jakarta, 1 teacher from SMK Negeri 5 Jakarta and 2 teachers from SMK Negeri 55 Jakarta. The data analysis technique used is the One-way Anava test, which was previously subjected to the analysis prerequisite test using the normality test and homogeneity test. Anava one-way test is done to get the research hypothesis test. The results showed that, there were differences in the implementation of learning the XI class electrical lighting installation seen in 2 criteria. On the Anova test results the ability of teachers to manage learning by teachers get FH 114.3576 < FT 3.06, where if FH < FT, then Ho is rejected, then Ha is accepted, there are differences in abilities between teachers A, B, CD, and E according to teacher. Furthermore, in anava test the ability of teachers to manage learning by students get FH 3.640414 < FT 2.43, where if FH < FT, then Ho is rejected, then Ha is accepted, there are differences in abilities between teachers A, B, CD, and E according to students. Then in the Anava test the learning outcomes of FH students 23.13687 < FT 2.43, where if FH < FT, then Ho is rejected, then Ha is accepted, there are differences in student learning outcomes between teachers A, B, C D, and E Keywords: Implementation of Learning, Teacher's Ability in Managing Learning, Student Learning Outcomes

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Soeprijanto, M.Pd. ; 2) Dr. Faried Wadjdi, M.Pd, M.M.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 1628 not found.
Date Deposited: 03 Mar 2020 14:07
Last Modified: 03 Mar 2020 14:07
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/4979

Actions (login required)

View Item View Item