PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEMBACA TEKS EDITORIAL BERBASIS LITERASI DIGITAL SEBAGAI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMK

Nur Rohmawati, . (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MEMBACA TEKS EDITORIAL BERBASIS LITERASI DIGITAL SEBAGAI IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMK. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER_merged.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (543kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (540kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (254kB)
[img] Text
LAMPIRAN_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Bahan ajar merupakan sesuatu yang digunakan dalam pembelajaran untuk mendukung terwujudnya tujuan pembelajaran. Pembuatan bahan ajar harus sesuai dengan kebutuhan pengguna. Untuk mengetahui kebutuhan tersebut, perlu adanya analisis kebutuhan agar keharusan, kekurangan, dan keinginan dapat teridentifikasi. Jika kebutuhan sudah diketahui, maka pengembangan bahan ajar dapat dilakukan. Fokus penelitian ini adalah pengembangan bahan ajar membaca teks editorial berbasis literasi digital sebagai bentuk implementasi kurikulum merdeka di SMK. Penelitian merupakan penelititan research and development model Borg and Gall. Penelitian ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan bahan ajar peserta didik SMK Ksatrya kelas XII (Fase F) yang menginginkan adanya bahan ajar bermuatan teks, video, mudah diakses, dan dapat digunakan di mana saja. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan berdasarkan validari ahli materi, media, dan pengajar bahasa Indonesia kelas XII, serta dapat digunakan tanpa revisi. Sementara itu, hasil uji lapangan terbatas (field testing) terhadap 36 peserta didik menunjukkan bahwa bahan ajar ini layak digunakan dengan perbaikan kecil. Kata Kunci: Membaca, Editorial, Literasi Digital, Bahan Ajar

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Miftahulkhairah Anwar, M.Hum. 2). Dr. Sintowati Rini Utami, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Bahasa
Depositing User: Users 25199 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2024 00:06
Last Modified: 13 Aug 2024 00:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/49831

Actions (login required)

View Item View Item