RIZKI ADITYA YANUAR, . (2024) Pengaruh Penggunaan Web-based Games Terhadap Minat Belajar Siswa SMP pada Pembelajaran IPA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (214kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (161kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (314kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (119kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (280kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Banyaknya tugas dengan tenggat waktu pengumpulan yang pendek dan pembelajaran yang berfokus tentang penyampaian materi membuat siswa merasa tertekan. Kejadian tersebut mengindikasikan bahwa pembelajaran yang monoton dengan hanya pemberian tugas akan meningkatkan tekanan yang dirasakan siswa yang kemudian berakibat pada minat belajarnya. Maka dari itu guru perlu membuat suasana yang tidak membosankan serta tidak terlalu banyak tekanan psikologis, yang nantinya akan meningkatkan minat belajar siswa. Untuk membuat lingkungan belajar tanpa tekanan, perlu digunakan media yang sesuai di zamannya yaitu web-based games. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh dari web-based games terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran IPA di sekolah menengah pertama. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quasi-experiment yang berfungsi untuk mengetahui pengaruh antar variabel. Berdasarkan uji t independent didapatkan nilai signifikansi (p-value) sebesar 0,007. Hal ini berarti tolak H0 dan dapt disimpulkan bahwa media web-based game berpengaruh terhadap minat belajar minat belajar siswa. The number of assignments with short collection deadlines and learning that focuses on delivering material makes students feel pressured. The incident indicates that monotonous learning with only assignments will increase the pressure felt by students which then results in their interest in learning. Therefore, teachers need to create an atmosphere that is not boring and not too much psychological pressure, which will increase students' interest in learning. To create a learning environment without pressure, it is necessary to use media that is appropriate in its time, namely web-based games. This study aims to determine the effect of web-based games on student interest in learning science in junior high school. The type of research used is quantitative research using the quasi-experiment method which serves to determine the effect between variables. Based on the independent t test, the significance value (p-value) is 0.007. This means rejecting H0 and it can be concluded that web-based game media has an effect on student interest in learning.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Yulilina Retno Dewahrani, M.Biomed 2). Daniar Setyo Rini, S.Pd., M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Users 25399 not found. |
Date Deposited: | 15 Aug 2024 00:28 |
Last Modified: | 15 Aug 2024 00:28 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/49840 |
Actions (login required)
View Item |