LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK DENGAN PENDEKATAN FLIPPED CLASSROOM PADA MATERI FLUIDA DINAMIS

ELSA OKTAVIANI, . (2024) LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK DENGAN PENDEKATAN FLIPPED CLASSROOM PADA MATERI FLUIDA DINAMIS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (432kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (810kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (710kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (992kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (418kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (420kB)
[img] Text
Lampiran dan Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan pendekatan Flipped Classroom agar dapat digunakan sebagai bahan ajar pendamping yang layak bagi peserta didik pada materi Fluida Dinamis. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap: Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate. Dilakukan uji validasi terhadap produk menggunakan instrumen berupa angket yang berisi rubrik penilaian untuk mengukur kelayakan dari produk oleh para ahli dan diukur menggunakan skala Likert dengan rentang skor 1-5. LKPD yang dikembangkan telah melalui tahap uji validasi dengan hasil sebesar 70% dengan kategori “Layak” untuk materi, 88% dengan kategori “Sangat Layak” untuk media, dan 78% dengan kategori “Layak” untuk pembelajaran. Dari hasil tersebut diperoleh skor rata-rata sebesar 78,67% dengan interpetrasi “Layak”. Kemudian dilakukan uji coba pengguna terhadap produk kepada peserta didik dalam skala terbatas dan mendapatkan hasil sebesar 90% dengan interpretasi “Sangat Layak”. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa LKPD dengan pendekatan flipped classroom pada materi fluida dinamis layak digunakan untuk proses pembelajaran fisika. Produk dapat diakses melalui: bit.ly/LKPD_FluidaDinamis0724. ***** The purpose of this research is to develop a students’ worksheet with flipped classroom approach that can be suitable learning support for students in the topic of Fluid Dynamics. The research method employed is Research and Development (R&D) using the ADDIE model consisting of 5 stages: Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate. The product was validated using a questionnaire instrument containing assessment rubrics to measure the suitability of the product by experts, assessed using a Likert scale ranging from 1 to 5. The developed LKPD underwent validation with results showing 70% for "Suitable" category for content, 88% for "Highly Suitable" category for media, and 78% for "Suitable" category for learning aspects. The average score obtained was 78.67%, interpreted as "Suitable." Then, user testing of the product among students on a limited scale achieved a result of 90% interpreted as "Highly Suitable." Therefore, it can be concluded that the LKPD with a flipped classroom approach on fluid dynamics material is suitable for use in physics learning processes. Product can be accessed through: bit.ly/LKPD_FluidaDinamis0724.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Hadi Nasbey, S.Pd., M.Si. 2). Upik Rahma Fitri, M.Pd.
Subjects: Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 25303 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2024 03:47
Last Modified: 13 Aug 2024 03:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/49873

Actions (login required)

View Item View Item