PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PROBLEM POSING BERBANTUAN MEDIA GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE SISWA SEKOLAH DASAR

NURUL HERMIYATI, . (2024) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN PROBLEM POSING BERBANTUAN MEDIA GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE SISWA SEKOLAH DASAR. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (306kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (724kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (430kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran Problem Posing berbantuan media GeoGebra terhadap kemampuan berpikir kritis ditinjau dari self confidence pada siswa sekolah dasar. Penelitian dilakukan di SDN Bojong Nangka 01 dan SDN Bojong Nangka 02, Gunung Putri, Kabupaten Bogor dengan sampel 140 siswa kelas V yang terdiri dari 70 siswa di kelas eksperimen dan 70 siswa di kelas kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen menggunakan desain treatment by level 2x2. Data dikumpulkan menggunakan tes kemampuan berpikir kritis dan angket self confidence dan dianalisis dengan uji ANAVA 2 jalur menggunakan aplikasi SPSS 27. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh penerapan metode pembelajaran Problem Posing berbantuan media GeoGebra terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran matematika; (2) terdapat interaksi antara metode pembelajaran berbantuan media GeoGebra dan self confidence terhadap kemampuan berpikir kritis; (3) kemampuan berpikir kritis siswa yang belajar dengan menerapkan pembelajaran Problem Posing berbantuan media GeoGebra lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang belajar dengan menerapkan pembelajaran ekspositori pada kelompok siswa yang memiliki self confidence tinggi; dan (4) kemampuan berpikir kritis siswa yang belajar dengan menerapkan pembelajaran ekspositori lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang belajar dengan menerapkan pembelajaran Problem Posing berbantuan media GeoGebra pada kelompok siswa yang memiliki self confidence rendah. ********* The purpose of this study is to determine the effect of the Problem Posing Learning method assisted by GeoGebra media on critical thinking skills in terms of self confidence in elementary school students. The study was conducted in SDN Bojong Nangka 01 and SDN Bojong Nangka 02, Gunung Putri, Bogor using sample of 140 grade V students consisting of 70 students in the experimental class and 70 students in the control class. The research used a experimental method using treatment design by level 2x2. Data were collected using critical thinking skills tests and self confidence questionnaires and analyzed with 2-way ANAVA test using the SPSS 27. The results showed that (1) there were some effect of Problem Posing Learning method assisted by GeoGebra media on students' critical thinking skills in mathematics learning; (2) there was interaction between learning methods assisted by GeoGebra media and self confidence to critical thinking skills; (3) the critical thinking ability of students who learn using Problem Posing Learning method assisted by GeoGebra media is higher than who learn using expository methods in groups of students with high self confidence; and (4) the critical thinking ability of students who learn using expository methods is higher than who learn using Problem Posing Learning methods assisted by GeoGebra media in groups of students with low self confidence.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof.Dr. Yurniwati, M.Pd. ; 2). Dr. Gusti Yarmi, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 23590 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2024 05:50
Last Modified: 13 Aug 2024 05:50
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/49882

Actions (login required)

View Item View Item