HUBUNGAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA MA ATTAHIRIYAH

NABILA QOSAMAH BALQIS, . (2024) HUBUNGAN LATAR BELAKANG PENDIDIKAN DAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA MA ATTAHIRIYAH. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (699kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (972kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan latar belakang pendidikan dan kemampuan membaca al-qur’an terhadap hasil belajar bahasa Arab siswa MA Attahiriyah. Terdapat tiga variabel pada penelitian ini yaitu latar belakang pendidikan (X1) dan kemampuan membaca al-quran (X2) sebagai variabel bebas dan hasil belajar bahasa Arab sebagai variabel terikat (Y). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MA Attahiriyah dengan teknik pengambilan sampel berupa sensus. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan kuesioner. Sedangkan teknik analisis data menggunakan regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan: a) Hubungan latar belakang pendidikan terhadap hasil belajar ditunjukkan oleh Thitung sebesar -0,469 dan nilai Sig sebesar 0,645. Hal ini berarti bahwa nilai Thitung < Ttabel -2,101 dan nilai Sig > 0,05. Dengan demikian variabel latar belakang pendidikan tidak mempunyai hubungan yang signifikan terhadap hasil belajar bahasa Arab siswa MA Attahiriyah. b) Hubungan kemampuan membaca al-Qur’an terhadap hasil belajar ditunjukkan oleh Thitung sebesar 3,333 dengan nilai Sig sebesar 0,004. Hal ini berarti bahwa nilai Thitung > Ttabel 2,101 dan nilai Sig < 0,05. Dengan demikian variabel kemampuan membaca al-Qur’an mempunyai hubungan yang signifikan terhadap hasil belajar. c) Hubungan latar belakang pendidikan dan kemampuan membaca al-Qur’an secara bersama-sama ditunjukkan dari hasil uji koefisien determinasi sebesar 38,3%. Hal ini berarti bahwa tingkat hubungannya lemah. ***** The aim of this research is to determine whether there is a relationship between educational background and the ability to read the Qur'an on the learning outcomes of Arabic language students at MA Attahiriyah. There are three variables in this study: educational background (X1) and the ability to read the Qur'an (X2) as independent variables, and Arabic language learning outcomes as the dependent variable (Y). This study uses a quantitative ex post facto approach. The population in this study is all MA Attahiriyah students, with a sampling technique in the form of a census. Data collection techniques use tests and questionnaires, while data analysis techniques use multiple linear regression. The results of this study indicate: a) The relationship between educational background and learning outcomes is shown by a Tvalue of -0.469 and a Sig value of 0.645. This means that the T-value < T-table -2.101 and the Sig value > 0.05. Thus, the educational background variable does not have a significant relationship with the Arabic language learning outcomes of MA Attahiriyah students. b) The relationship between the ability to read the Qur'an and learning outcomes is indicated by a T-value of 3.333 with a Sig value of 0.004. This means that the T-value > T-table 2.101 and the Sig value < 0.05. Thus, the variable of the ability to read the Qur'an has a significant relationship with learning outcomes. c) The relationship between educational background and the ability to read the Qur'an together is indicated by the coefficient of determination test result of 38.3%. This means that the level of the relationship is weak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof.Dr. Nuruddin, M.A. ; 2). Dr. Ahmad Murodi, M.A
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 25425 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2024 04:34
Last Modified: 16 Aug 2024 04:34
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/49892

Actions (login required)

View Item View Item