WAFA ZAHRAH PUTRI SETIADI, . (2024) NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MAKNA DAN SIMBOL TARI NYENGCELAK PUSPA NINGATI PADA PENARI REMAJA DI SANGGAR GANDES PAMANTES. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (524kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (735kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (451kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (386kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (466kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
*****ABSTRAK***** Tujuan penelitian ini untuk menganalisis nilai Pendidikan karakter dalam makna dan simbol tari Nyengcelak Puspa Ningati pada penari remaja di Sanggar Gandes Pamantes. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Konsep makna dan simbol mengacu pada Semiotika Roland Barthes yang menyatakan bahwa Barthes membedakan antara denotasi, yaitu makna literal atau deskriptif dari suatu tanda, dan konotasi, yaitu makna tambahan yang bersifat konseptual atau budaya. Dengan menganalisis kedua tingkatan makna ini, Barthes dapat mengungkap pesan yang lebih mendalam yang ingin teks sampaikan. Penelitian ini memberikan pemahaman lebih lanjut berdasarkan latar belakang remaja pada zaman sekarang atau Gen Z yang terkena dampak besar dari perkembangan digital serta pergaulan bebas di lingkungannya. Hasil dari penelitian ini memberikan pemahaman, pengetahuan, sikap, dan nilai Pendidikan karakter seseorang melalui makna dan simbol melalui unsur pendukung dan utama tari Nyengcelak Puspa Ningati pada penari remaja di Sanggar Gandes Pamantes yang dapat diterapkan kedalam kehidupan sehari-hari serta pada pembelajaran seni budaya di sekolah. Kata kunci : Pendidikan Karakter, Nyengcelak Puspa Ningati, Makna Dan Simbol Tari *****ABSTRACT***** The purpose of this study is to analyze the value of character education in the meaning and symbols of the Nyengcelak Puspa Ningati dance in adolescent dancers at the Gandes Pamantes Studio. This study uses a descriptive qualitative method. The concept of meaning and symbols refers to Roland Barthes' Semiotics which states that Barthes distinguishes between denotation, which is the literal or descriptive meaning of a sign, and connotation, which is an additional meaning that is conceptual or cultural. By analyzing both cans. Keywords: Character Education, Nyengcelak Puspa Ningati, Meaning and Symbols of Dance
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dra. Kartika Mutiarasari, M.Pd. 2) Selly Oktarini, S.Pd., M.Pd. |
Subjects: | Kesenian > Seni Tari |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Tari |
Depositing User: | Wafa Zahrah Putri Setiadi . |
Date Deposited: | 14 Aug 2024 00:15 |
Last Modified: | 14 Aug 2024 00:15 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/49902 |
Actions (login required)
View Item |