PENGARUH BLENDED LEARNING DAN KETERLIBATAN SISWA TERHADAP KEPUASAN BELAJAR PESERTA DIDIK SMAN 87 JAKARTA

NARENDRA PAKALA RAFI, . (2024) PENGARUH BLENDED LEARNING DAN KETERLIBATAN SISWA TERHADAP KEPUASAN BELAJAR PESERTA DIDIK SMAN 87 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (893kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (471kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (901kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (787kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (567kB)
[img] Text
Lampiran dan Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan utama penelitian adalah untuk mengeksplorasi dampak dari blended learning dan keterlibatan siswa terhadap kepuasan belajar siswa yang terdaftar di SMAN 87 Jakarta. Metodologi penelitian yang digunakan melibatkan pendekatan berbasis survei yang menggunakan analisis kuantitatif, khususnya dengan menerapkan teknik statistik seperti regresi linier berganda menggunakan perangkat lunak IBM SPSS versi 26. Metode sampling yang digunakan adalah Proportional Random Sampling, dengan populasi sebanyak 144 siswa dan ukuran sampel sebanyak 100 siswa yang ditentukan dengan formula Issac & Michael, dengan mempertahankan margin kesalahan sebesar 5%. Pengumpulan data dilakukan melalui respons survei yang diperoleh melalui kuesioner atau Google Forms, dengan menggunakan skala Likert. Prosedur analisis data dalam studi ini mencakup pengujian instrument untuk validitas dan reliabilitas, pengujian persyaratan analisis termasuk pengujian normalitas dan linearitas, pengujian asumsi klasik yang melibatkan uji multikolinearitas dan heteroskedastisitas, pengujian hipotesis melalui Uji F, Uji t, dan koefisien determinasi, serta dengan pengujian sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Temuan dari penelitian ini mengungkap bahwa pembelajaran blended learning memiliki pengaruh terhadap Kepuasan Belajar, begitu juga dengan Keterlibatan Siswa, serta secara bersamaan pembelajaran blended learing dan keterlibatan siswa menunjukkan pengaruh terhadap kepuasan belajar.***** The main goal of the research is to explore the impact of blended learning and student engagement on the learning satisfaction of students enrolled at SMAN 87 Jakarta. The research methodology involves a survey-based approach employing quantitative analysis, particularly utilizing statistical techniques such as multiple linear regression using IBM SPSS version 26 software. The sampling method utilized is Proportional Random Sampling, with a population of 144 students and a sample size of 100 students determined by the Issac & Michael formula, maintaining a 5% error margin. Data collection is conducted through survey responses obtained via questionnaires or Google Forms, employing a Likert scale methods. The data analysis procedure in this study includes instrument testing for validity and reliability, analysis requirement testing including normality and linearity test, classical assumption testing involving multicollinearity and heteroscedasticity test, hypothesis testing through F-test, T-test, and determination coefficient, as well as Relative Contribution and Effective Contribution (SR and SE). The findings of this research reveal that blended learning has an influence on Learning Satisfaction, as does Student Engagement, and simultaneously, blended learning and student engagement demonstrate an influence on learning satisfaction.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Dedi Purwana E.S., M.bus. ; 2). Dr. Osly Usman S.E., M.Bus.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FE > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 25250 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2024 01:05
Last Modified: 14 Aug 2024 01:05
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/49928

Actions (login required)

View Item View Item