PENGARUH METODE COOPERATIVE MELALUI STRATEGI TUTOR SEBAYA TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA ARAB (PENELITIAN EKSPERIMEN SISWA KELAS 10 DI SMK MUHAMMADIYAH 6 JAKARTA)

ATIK NUR AFIFAH, . (2024) PENGARUH METODE COOPERATIVE MELALUI STRATEGI TUTOR SEBAYA TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA BAHASA ARAB (PENELITIAN EKSPERIMEN SISWA KELAS 10 DI SMK MUHAMMADIYAH 6 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (440kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (520kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (429kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

*****ABSTRAK***** Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode cooperative melalui strategi tutor sebaya terhadap kemampuan berbicara Bahasa arab siswa di SMK Muhammadiyah 6 Jakarta. Metode pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode koperatif. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen dengan Purposive Sampling. Variabel penelitian ini terdiri dari variable bebas yaitu strategi tutor sebaya dan Variabel terikat yaitu kemampuan berbicara Bahasa arab di SMK Muhammadiyah 6 Jakarta. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas 10 yang terdiri dari 3 paralel dan sampel sebanyak 2 kelas, 1 kelas (kelas Kontrol) yaitu 10 OTKP 2, 1 kelas ( kelas eksperimen) yaitu 10 OTKP 1. Teknik pengambilan data menggunakan metode observasi, tes praktik dan dokumentasi. Instumen yang digunakan yaitu pre-test dan post-test yang berbentuk tes praktik. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistiK deskriptif dan uji hipotesis yang digunakan adalah uji t dengan taraf signifikasi 0,05. Sebelum melakukan uji hipotesis, dilakukan uji normalitas data dengan uji Kolmogorov Smirnov-shapiro wilk dengan nilai 0,48 untuk kelas control dan 0,59 untuk kelas eksperimen yang mana lebih besar dari taraf signifikasi 0,05. Uji homogenitas dilakukan dengan uji levene dengan nilai signifikasi 0,616 > 0,05.selain itu juga dapat dilihat dari hasil rata-rata post test dengan strategi tutor sebaya sebesar 60,48 dengan nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 60. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji menggunakan uji t pada taraf signifikasi 0,05 dengan t hitung 3,270> t tabel 2,011. Dengan demikian terdapat pengaruh signifikan strategi tutor sebaya terhadap keterampilan berbicara Bahasa arab siswa dan terdapat perbedaan dengan menggunakan strategi pembelajaran tutor sebaya lebih tinggi dibanding dengan metode pembelajaran konvensional. *****ABSTRACT***** The learning method used in this research is the cooperative method.This study aims to determine the effect of the cooperative method through peer tutor strategies on the Arabic speaking ability of students at SMK Muhammadiyah 6 Jakarta. The learning method used in this research is the cooperative method.This research is a type of experimental research with Purposive Sampling. The variables of this study consist of independent variables, namely peer tutor strategies and bound variables, namely the ability to speak Arabic at SMK Muhammadiyah 6 Jakarta. The study population was all grade 10 students consisting of 3 parallel and a sample of 2 classes, 1 class (Control class) namely 10 OTKP 2, 1 class (experimental class) namely 10 OTKP 1. Data collection techniques use observation methods, practice tests and documentation. The instruments used are pre-test and post-test in the form of practical tests. The data analysis technique used is descriptive statistics and the hypothesis test used is the t test with a significance level of 0.05. Before testing the hypothesis, a data normality test was carried out using the Kolmogorov Smirnov-Shapiro Wilk test with a value of 0.48 for the control class and 0.59 for the experimental class which was greater than the 0.05 significance level. The homogeneity test was carried out using the Levene test with a significance value of 0.616 > 0.05. Apart from that, it can also be seen from the average results of the post test using the peer tutoring strategy of 60,48 with the highest score being 80 and the lowest score being 60. This is proven by the test results using the test. t at a significance level of 0.05 with t calculated 3.270> t table 2.011. Thus, there is a significant influence of the peer tutoring strategy on students' Arabic speaking skills and there is a higher difference using the peer tutoring learning strategy compared to conventional learning methods.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Chakam Failasuf, M.Pd. 2) Hendrawanto, M.Pd., M.A.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 25382 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2024 00:43
Last Modified: 14 Aug 2024 00:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/49931

Actions (login required)

View Item View Item