HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN KEBAYORAN BARU JAKARTA SELATAN

RIZKY RHESA PUTRI, . (2024) HUBUNGAN PERHATIAN ORANG TUA DENGAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI DI KECAMATAN KEBAYORAN BARU JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (582kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (967kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (541kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB)
[img] Text
LAMPIRAN (25)_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Perhatian orang tua merupakan salah satu faktor penting bagi kehidupan siswa terutama dalam hal pergaulan. Kecerdasan interpersonal yang dimiliki siswa sangat dipengaruhi oleh perhatian dari orang tuanya. Siswa yang mendapatkan perhatian yang cukup dan maksimal dari orang tuanya akan memiliki kecerdasan interpersonal yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara perhatian orang tua dengan kecerdasan interpersonal siswa kelas V sekolah dasar negeri di kecamatan kebayoran baru. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Kramat Pela 07 yang berjumlah 76 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif jenis korelasi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan angket, dan analisis uji-T. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji regresi linear dengan rumus yang didapat yaitu Y = 28,065 + 0,256X. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara perhatian orang tua dengan kecerdasan interpersonal siswa kelas V sekolah dasar dimana nilai persentasi yang diperoleh sebesar 7.8%. Oleh sebab itu perhatian orang tua diperlukan untuk meningkatkan dan mengembangkan kecerdasan interpersonal siswa. ***** Parental attention is an important factor in students' lives, especially in terms of relationships. Students' interpersonal intelligence is greatly influenced by the attention of their parents. Students who receive sufficient and maximum attention from their parents will have good interpersonal intelligence. This study aims to determine the relationship between parental attention and the interpersonal intelligence of fifth grade students at public elementary schools in Kebayoran Baru sub-district. The sample in this research was all fifth grade students at SDN Kramat Pela 07, totaling 76 students. Sampling used random sampling technique. The method used in this research is quantitative correlation type. Data collection was carried out by distributing questionnaires and T-test analysis. The data analysis technique used is the linear regression test with the formula obtained, namely Y = 28.065 + 0.256X. The results of the research show that there is a significant relationship between parental attention and the interpersonal intelligence of fifth grade elementary school students where the percentage value obtained was 7.8%. Therefore, parental attention is needed to improve and develop students' interpersonal intelligence.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Nina Nurhasanah, M.Pd. ; 2). Prof. Dr. Waluyo Hadi, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Rizky Rhesa Putri .
Date Deposited: 14 Aug 2024 23:16
Last Modified: 14 Aug 2024 23:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50000

Actions (login required)

View Item View Item