MANAJEMEN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN OLEH PESERTA DIDIK DI SMK SATRIA JAKARTA

SILVY ISNAINI MARYAM, . (2024) MANAJEMEN PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN OLEH PESERTA DIDIK DI SMK SATRIA JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (628kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (314kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (244kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi terkait manajemen pendidikan kewirausahaan oleh peserta didik di SMK Satria Jakarta, meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan pendidikan kewirausahaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif analitik, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dengan purposive sampling, dan dokumentasi. Analisis data mengikuti model Miles dan Huberman: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa SMK Satria Jakarta mengembangkan jiwa kewirausahaan siswa melalui pendekatan komprehensif: 1) Perencanaan, mengintegrasikan teori dan praktik bagi siswa kelas XI-XII dengan bimbingan guru kewirausahaan; 2) Pengorganisasian, membekali siswa dengan pengetahuan dan keterampilan kewirausahaan, didukung arahan kepala sekolah, bimbingan guru, dan fasilitas memadai; 3) Pelaksanaan, terintegrasi dalam kurikulum belajar siswa dan memberikan pengalaman praktis, dan dukungan berkelanjutan dari guru dan sekolah; 4) Pengawasan, yang dilakukan oleh guru sebagai mentor terkait kegiatan kewirausahaan siswa melalui evaluasi berkala dan dukungan teknis. Keterbatasan penelitian ini mencakup kurangnya perspektif eksternal, analisis jangka panjang, dan potensi bias dalam pengumpulan data. Meskipun temuan penelitian ini menunjukkan keberhasilan awal dalam mendukung kewirausahaan siswa, namun diperlukan penelitian lebih lanjut dengan pendekatan lebih holistik dan inklusif untuk mengukur dampak jangka panjang dan efektivitas program secara menyeluruh. Kata Kunci : Manajemen, Pendidikan Kewirausahaan, SMK Satria Jakarta **** This research aims to identify management related entrepreneurship education by students at SMK Satria Jakarta, including planning, organizing, implementing and supervising entrepreneurship education. This research uses a qualitative approach with analytical descriptive methods, data is collected through observation, interviews with purposive sampling, and documentation. Data analysis follows the Miles and Huberman model: data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results of this research show that SMK Satria Jakarta developed students’ entrepreneurial spirit through a comprehensive approach: 1) Planning, integrating theory and practice for students in grades XI-XII with the guidance of entrepreneurship teachers; 2) Organizing, to equip students with entrepreneurial knowledge and skills, supported by the principal’s direction, teacher guidance, and adequate facilities; 3) Implementation, integrated into the student learning curriculum and providing practical experience, and ongoing support from teachers and schools; 4) Supervision, carried out by teachers as mentors regarding student entrepreneurial activities through periodic evaluations and technical support. Limitations of this study include a lack of external perspective, long-term analysis, and potential bias in data collection. Although this research finding shows initial success in supporting student entrepreneurship, further research is needed with a more holistic and inclusive approach to measure the long-term impact and overall effectiveness of the program. Keywords: Management, Entrepreneurship Education, SMK Satria Jakarta

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. R. Madhakomala, M.Pd. ; 2). Dimas Kurnia Robby, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Silvy Isnaini Maryam .
Date Deposited: 15 Aug 2024 23:00
Last Modified: 15 Aug 2024 23:00
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50060

Actions (login required)

View Item View Item