PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL SCRAMBLE TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB SISWA : PENELITIAN EKSPERIMEN DI KELAS 8 MTS NEGERI 9 JAKARTA

HASAN URAYDHI, . (2024) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL SCRAMBLE TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA BAHASA ARAB SISWA : PENELITIAN EKSPERIMEN DI KELAS 8 MTS NEGERI 9 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (394kB)
[img] Text
Bab 2 Landasan Teori.pdf
Restricted to Registered users only

Download (683kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3 Metodologi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (569kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4 Hasil.pdf
Restricted to Registered users only

Download (607kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 5 Kesimpulan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (348kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (378kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

*****ABSTRAK***** Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri 9 Jakarta pada semester genap tahun ajaran 2023/2024, dengan tujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh penerapan metode pembelajaran kooperatif model Scramble terhadap keterampilan membaca siswa kelas 8 MTs Negeri 9 Jakarta.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas 8 dan sampelnya adalah kelas 8C dan kelas 8E, yang terdiri dari 20 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan adalah Pre-test yang berjumlah 10 soal dan Post-test yang berjumlah 10 soal dengan total 20 soal, dengan teknik analisis data menggunakan Uji-t pada taraf signifikan ɑ = 0,05, uji regresi linier dan N-Gain. Uji-t dilakukan setelah melakukan uji normalitas dan homogenitas. Setelah dilakukan uji normalitas dengan hasil normal, uji homogenitas dengan data yang homogen, dan uji hipotesis dengan Uji-t maka nilai p yang diperoleh < 0,001. Sedangkan taraf signifikansi ɑ = 0,05. Maka, nilai p 0.001< 0,05. Dengan demikian hipotesis (H0) yang menyatakan tidak ada pengaruh penerapan metode pembelajaran kooperatif model Scramble terhadap keterampilan membaca bahasa Arab siswa kelas 8 MTs Negeri 9 Jakarta ditolak. Sedangkan hipotesis (H1) yang menyatakan ada pengaruh penerapan metode pembelajaran kooperatif model Scramble terhadap keterampilan membaca bahasa Arab siswa kelas 8 MTs Negeri 9 Jakarta diterima. Uji regresi linier memperoleh hasil R2 0,380, artinya presentase sumbangan variabel metode pembelajaran Scramble terhadap keterampilan membaca bahasa Arab siswa sebesar 38%, sedangkan 62% dipengaruhi variabel lain yang tidak dimasukkan ke dalam penelitian ini. Uji N-Gain yang diperoleh dari perhitungan mendapatkan nilai 0,5323 dan jika diinterpretasikan nilai tersebut masuk kedalam kategori sedang. Maka penggunaan metode kooperatif model Scramble pada pembelajaran bahasa Arab dapat meningkatkan keterampilan membaca bahasa Arab siswa. Oleh karena itu, pembelajaran keterampilan membaca bahasa Arab dengan menggunakan metode kooperatif model Scramble lebih baik dibandingkan dengan menggunakan metode pembelajaran konvensionaL. *****ABSTRACT***** This research was conducted at MTs Negeri 9 Jakarta in the even semester of the 2023/2024 academic year, with the aim of finding out whether there was an effect of implementing the Scramble model cooperative learning method on the reading skills of grade 8 students at MTs Negeri 9 Jakarta. The method used in this research is the Quasi Experimental method. The population is all 8th grade students and the sample is class 8C and 8E, consisting of 20 experimental class students and 30 control class students. Sampling was carried out by purposive sampling. The instruments used were a Pre-test with a total of 10 questions and a Post-test with a total of 10 questions with a total of 20 questions, with data analysis techniques using the t-test at a significance level of ɑ = 0.05, linear regression test and N-Gain. The t-test was carried out after carrying out normality and homogeneity tests. After carrying out a normality test with normal results, a homogeneity test with homogeneous data, and a hypothesis test with the t-test, the p value obtained was <0.001. Meanwhile, the significance level ɑ = 0.05. So, the p value is 0.001<0.05. Thus the hypothesis (H0) which states that there is no effect of implementing the Scramble Model coopearive learning method on the Arabic reading skills of grade 8 students at MTs Negeri 9 Jakarta is rejected. Meanwhile, the hypothesis (H1) which states that there is an influence of the application of the Scramble model cooperative learning method on the Arabic reading skills of grade 8 students at MTs Negeri 9 Jakarta is accepted. The linear regression test obtained an R2 result of 0.380, meaning that the percentage contribution of the Scramble learning method variable to students' Arabic reading skills was 38%, while 62% was influenced by other variables not included in this research. The N-Gain test obtained from the calculations gets a value of 0.5323 and if interpreted, this value falls into the medium category. So the use of the cooperative Scramble model method in learning Arabic can improve students' Arabic reading skills. Therefore, learning Arabic reading skills using the cooperative Scramble method is better than using conventional learning methods.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Ahmad Marzuq, M.Pd. 2) Dr. Romdani, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 25440 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2024 05:58
Last Modified: 15 Aug 2024 05:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50103

Actions (login required)

View Item View Item