OLIVIA DONNA HAKIM, . (2024) PENGARUH KEPEMIMPINAN DIGITAL TERHADAP LITERASI DIGITAL TENAGA PENDIDIK DI PUSAT PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TEKNIS FUNGSIONAL PERTAHANAN BADAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KEMENTERIAN PERTAHANAN REPUBLIK INDONESIA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (803kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (436kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (471kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (363kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (689kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (176kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (324kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan membahas tentang pengaruh kepemimpinan digital terhadap literasi digital tenaga pendidik di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Teknis Fungsional Pertahanan Badan Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia. Variabel yang diteliti adalah kepemimpinan digital sebagai variabel bebas (variabel X) dan literasi digital tenaga pendidik sebagai variabel terikat (variabel Y). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu sampling jenuh dan didapatkan sampel sebanyak 50 orang tenaga pendidik. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis linier sederhana, dengan terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat meliputi uji normalitas, uji signifikansi regrensi, dan uji linieritas. Dari hasil uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh thitung sebesar 8,588 sedangkan ttabel sebesar 2,011 yang artinya nilai thitung > ttabel. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara kepemimpinan digital terhadap literasi digital tenaga pendidik di Pusat Pendidikan dan Pelatihan Teknis Fungsional Pertahanan Badan Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia. Berdasarkan kesimpulan tersebut dapat dikatakan bahwa semakin tinggi kepemimpinan digital yang diterapkan oleh Kepala Pusdiklat, maka semakin tinggi pula tingkat literasi digital yang dimiliki oleh tenaga pendidik. Oleh karena itu, kepemimpinan digital yang baik dapat memaksimalkan potensi literasi digital tenaga pendidik. Hal ini dapat menciptakan lingkungan kerja yang dinamis, inovatif, dan siap menghadapi tantangan digital di masa depan. ***** This study aims to discuss the effect of digital leadership on the digital literacy of educators at the Center for Defense Functional Technical Education and Training, Education and Training Agency of the Ministry of Defense of the Republic of Indonesia. The variables studied were digital leadership as the independent variable (variable X) and digital literacy of educators as the dependent variable (variable Y). This research uses a quantitative approach with a survey method. The sampling technique used was saturated sampling and a sample of 50 educators was obtained. The data analysis technique used to test the hypothesis is simple linear analysis, with prerequisite tests including normality test, regression significance test, and linearity test. From the results of hypothesis testing using the t test, the tcount is 8.588 while the ttable is 2.011, which means the tcount > ttable value. The results of this study can be concluded that there is a positive influence between digital leadership on the digital literacy of educators at the Center for Defense Functional Technical Education and Training, Education and Training Agency of the Ministry of Defense of the Republic of Indonesia. Based on this conclusion, it can be said that the higher the digital leadership applied by the Head of the Training Center, the higher the level of digital literacy possessed by the educators. Therefore, a good digital leadership can maximize the digital literacy potential of educators. This can create a work environment that is dynamic, innovative, and ready to face digital challenges in the future.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Sugiarto, M.A. ; 2). Prof. Dr. Eliana Sari, M.M. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Manajemen > Manajemen Kantor, Organisasi |
Divisions: | FIP > S1 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Users 22892 not found. |
Date Deposited: | 19 Aug 2024 03:58 |
Last Modified: | 19 Aug 2024 03:58 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50151 |
Actions (login required)
View Item |