MUHAMAD ALDILLAH, . (2024) PENGARUH PENGGUNAAN WEBSITE TANOSHIIJAPANESE.COM DAN GAYA KOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR KANJI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (495kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (570kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (463kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (155kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (438kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan website tanoshiijapanese.com dan gaya kognitif terhadap hasil belajar kanji. Selain itu peneliti juga ingin mengetahui pengaruhnya pada gaya kognitif mahasiswa. Di masa pembelajaran daring ini dibutuhkan media pembelajaran secara digital yang dapat memudahkan dalam belajar. Menurut Ismayani (2018) kombinasi pendekatan pembelajaran yang beragam dengan memanfaatkan perangkat teknologi informasi perlu untuk mengubah pembelajaran siswa dari pembelajaran pasif ke pembelajaran aktif, yang dapat mengeksplorasi keterampilan dan kolaborasi dalam sebuah kerja sama yang menguntungkan. Dengan penerapan pendekatan pembelajaran dengan teknlogi informasi maka akan memudahkan dalam proses belajar dan mengajar kanji I. Penelitian ini menggunakan desain penelitian one group pretest-postest. Sebelum melakukan perlakuan terhadap mahasiswa, peneliti membagikan pretes untuk mengetahui tingkat hasil belajar kanji mahasiswa. Selain pretes, peneliti juga melakukan pengambilan data tes GEFT (Group Embedded Figures Test) untuk mengetahui gaya kognitif mahasiswa kelas A. Berdasarkan hasil pretes dan postes dapat diketahui bahwa mahasiswa dengan gaya kognitif FD (Field Dependen) dan FI (Field Independen) mengalami peningkatan setelah dilakukan eksperimen dengan menggunakan website tanoshiijapanese.com. Dengan demikian dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh penggunaan website tanoshiijapanese.com dan gaya kognitif terhadap hasil belajar kanji. Berdasarkan peningkatan hasil pretes ke postes mahasiswa FD lebih tinggi nilainya daripada mahasiswa dengan gaya kognitif FI. Artinya pengaruh penggunaan website tanoshiijapanese.com lebih meningkatkan hasil belajar kanji mahasiswa FD daripada mahasiswa FI walaupun perbedaannya sangat kecil. Hal tersebut sesuai dengan pendapat Sternberg, R. J., & Zhang (2013) mengenai kecenderungan belajar mahasiswa FD yang harus dibimbing. **** This study aims to determine the influence of using the tanoshiijapanese.com website and cognitive style on kanji learning outcomes. Additionally, the researcher seeks to understand the level of influence on students' cognitive styles. According to Ismayani (2018), a combination of diverse learning approaches utilizing information technology devices is necessary to transform student learning from passive learning to active learning, which can explore skills and collaboration within a beneficial cooperation. With the application of learning approaches with information technology, it will facilitate the learning and teaching process of Kanji I. This research employed a one-group pretest-posttest research design. Prior to the treatment, the researcher administered a pretest to assess the students kanji learning outcomes. Alongside the pretest, the researcher also conducted the Group Embedded Figures Test (GEFT) to identify the cognitive styles of the students in class A. Based on the pretest and posttest results, it was found that students with Field Dependent (FD) and Field Independent (FI) cognitive styles showed improvement after the experiment using the tanoshiijapanese.com website. Thus, it can be concluded that there is an influence of using the tanoshiijapanese.com website and cognitive style on kanji learning outcomes. In classroom learning, FI cognitive style students tend to be active, while FD cognitive style students are passive in online learning but active in offline learning. Based on the improvement from pretest to posttest, FD cognitive style students showed higher scores compared to FI cognitive style students. This indicates that the use of the tanoshiijapanese.com website enhances kanji learning outcomes more for FD cognitive style students than for FI cognitive style students, although the difference is very small. This is in line with the opinion of Sternberg, R. J., & Zhang (2013) regarding the learning tendencies of FD students who need guidance.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Nia Setiawati, M.Pd. ; 2). Dr. Cut Erra Rismorlita, M.Si. |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jepang |
Depositing User: | Users 25096 not found. |
Date Deposited: | 15 Aug 2024 23:22 |
Last Modified: | 15 Aug 2024 23:22 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50156 |
Actions (login required)
View Item |