DANIAR PUTRI,. (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE "NUMBERED HEAD TOGETHER" PADA SISWA KELAS XI DI SMAS MUHAMMADIYAH 11 JAKARTA

DANIAR PUTRI, . (2020) DANIAR PUTRI,. (2020) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE "NUMBERED HEAD TOGETHER" PADA SISWA KELAS XI DI SMAS MUHAMMADIYAH 11 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. Cover, Abstrak, Lembar pengesahan, Lembar originalitas, surat pernyataan publikasi, kata pengantar, daftar isi.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. BAB I.pdf

Download (8MB)
[img] Text
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (621kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (817kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (410kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN PUBLIKASI UPT.pdf

Download (603kB)

Abstract

DANIAR PUTRI, Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Arab Menggunakan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together di SMAS Muhammadiyah 11 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Jakarta. Januari 2020. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas metode pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together dalam meningkatkan hasil belajar bahasa Arab siswa kelas XI SMAS Muhammadiyah 11 Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan di SMAS Muhammadiyah 11 Jakarta pada siswa XI Semester I Tahun Ajaran 2019 – 2020, yang dimulai dari bulan September 2019 hingga Oktober 2020. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yaitu penelitian yang merupakan salah satu upaya guru dalam bentuk berbagai kegiatan yang dilakukan untuk memperbaiki atau meningkatkan mutu pembelajaran di kelas. Model PTK yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar dan observasi. Tes hasil belajar yang digunakan untuk mengukur keberhasilan siswa dalam memahami bahasa Arab. Observasi yang digunakan sesuai format observasi untuk mengukur kinerja guru dan siswa dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh nilai rata-rata siklus I yaitu 68 meningkat dari hasil pre-test yaitu 57. Dan nilai rata-rata siklus II yaitu 89,8 meningkat dari hasil siklus I yaitu 68. Dimana terjadi peningkatan hasil pre-test ke siklus I sebanyak 11. Sedangkan peningkatan hasil dari siklus I ke siklus II sebanyak 21,5. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar bahasa Arab menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe “Numbered Head Together” pada siswa kelas XI SMAS Muhammadiyah 11 Jakarta. Berdasarkan hasil penelitian bahasa Arab menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe “Numbered Head Together” dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Arab siswa. Sehingga guru dan siswa dapat menerapkan metode ini dalam kegiatan pembelajaran dengan materi yang sesuai, yang bertujuan menciptakan kegiatan pembelajaran yang interaktif dan menarik untuk meningkatkan hasil belajar siswa. DANIAR PUTRI, Improvement of Arabic Learning Outcomes by Using The “Numbered Head Together” Type of Cooperative Learning Method for Student Class XI SMAS Muhammadiyah 11 Jakarta. Thesis. Jakarta : Arabic language education courses, Faculty language and art of the State University of Jakarta, January 2020. The purpose of this research is to find out the effectiveness of the Numbered Head Together type of cooperative learning methods in improving Arabic learning outcomes for students class XI of SMAS Muhammadiyah 11 Jakarta. This research was carried out on SMAS Muhammadiyah 11 Jakarta for Student Class XI semester school year 2019 -2020, which at the start of September and October 2019 – 2020. Research method used in this research is classroom action research (PTK), the research which is one of the efforts of teachers in the form of various activities conducted to improve or enhance the quality of learning in class. The model used is a model of PTK Kemmis and Mc Taggart consisting of planning, action, observation and reflection. The instruments used are test results of study and observation. Learning outcomes test used to measure student success in understanding the Arabic. Observation format is used according to measure the performance of teachers and students in learning. Based on the results of this research were obtaining the average value of cycle I was 68, increased from the results of pre-test was 57. And the average value of cycle II which was 89.8, increased from the results of cycle I, which was 68. Where there was an increase in pre-test results to the cycle I as much as 11. While the increase in results from cycle I to cycle II was 21.5. Based on the results of this research, researchers concluded that there is an increase in Arabic learning outcomes by using the “Numbered Head Together” type of cooperative learning method for student class XI SMAS Muhammadiyah 11 Jakarta. Based on the results of Arabic research using the cooperative learning method type "Numbered Head Together" can improve student’s Arabic learning outcomes. So that teachers and students can apply this method in learning activities with appropriate material, which aims to create interactive and interesting learning activities to improve student learning outcomes.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1. Dr. Syamsi Setiadi, M.Pd 2. Dr. Romdani, M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 1245 not found.
Date Deposited: 26 Mar 2020 13:45
Last Modified: 26 Mar 2020 13:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5019

Actions (login required)

View Item View Item