DIAJENG JUDITYA WAHANA PUTRI, . (2024) STRATEGI PEMBELAJARAN MUSIK BAND BAGI SISWA TUNAGANDA (MDVI) DI YAYASAN PENDIDIKAN DWITUNA RAWINALA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text (Cover)
Cover.pdf Download (982kB) |
|
Text (Bab 1)
Bab 1.pdf Download (308kB) |
|
Text (Bab 2)
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (383kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 3)
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (242kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4)
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (717kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 5)
Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (295kB) | Request a copy |
|
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf Download (275kB) |
|
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
*****ABSTRAK***** Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pembelajaran musik band bagi tunaganda netra (MDVI) yang digunakan di Yayasan Pendidikan Dwituna Rawinala. Metode Penelitian yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Waktu penelitian dilakukan selama bulan Mei 202 di Yayasan Pendidikan Dwituna Rawinala. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara . Teknik analisis penelitian dilakukan dengan model analisis interaktif yang dikembangkan oleh Miles & Huberman yang terdiri dari empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran yang dilakukan oleh guru band Rawinala adalah strategi pembelajaran interaksional di mana guru menggunakan alat-alat konkret yaitu berupa alat musik, membangun komunikasi yang konsisten dengan berbagai pihak, menggunakan kosakata yang jelas, dan menciptakan rutinitas yang diterapkan pada setiap pembelajaran. Rutinitas yang diciptakan adalah mendengarkan contoh lagu, memainkan sesuai contoh, dan mengaransemen sendiri. Komponen-komponen dari strategi pembelajaran tersebut adalah tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, dan metode pembelajaran. Metode pembelajaran yang digunakan meliputi beberapa metode; Rote Learning, Direct Instruction, Demonstrasi, Hand-under-hand, dan Hand-over-hand. *****ABSTRACT***** The purpose of this research is to understand the strategies for teaching band music to students with multiple disabilities and visual impairments (MDVI) used at the Dwituna Rawinala Education Foundation. The research method used in this study is descriptive qualitative. The research was conducted in May 2024 at the Dwituna Rawinala Education Foundation. Data collection was carried out through observation and interviews. The analysis technique used was the interactive analysis model developed by Miles & Huberman, consisting of four stages: data collection, data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results of this study indicate that the learning strategy used by the band teachers at Rawinala is an interactional learning strategy where teachers use concrete tools, namely musical instruments, build consistent communication with various parties, use clear vocabulary, and create routines applied in each lesson. The routines created include listening to song examples, playing according to the examples, and arranging their own music. The components of this learning strategy are learning objectives, learning materials, and learning methods. The learning methods used include several methods: Rote Learning, Direct Instruction, Demonstration, Hand-under-hand, and Hand-over-hand.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dra. Sri Hermawati Dwi Arini, M.Pd. ; 2) Dr. Indina Tarjiah, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar Pendidikan > Pendidikan Khusus Seni Musik > Musik |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Users 25352 not found. |
Date Deposited: | 18 Aug 2024 23:48 |
Last Modified: | 18 Aug 2024 23:48 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50209 |
Actions (login required)
View Item |