FANI CHAIRANI, . (2024) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR DI SMA BUDHI WARMAN II JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
01. COVER.pdf Download (243kB) |
|
Text
02. BAB I.pdf Download (190kB) |
|
Text
03. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (298kB) | Request a copy |
|
Text
04. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (170kB) | Request a copy |
|
Text
05. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (271kB) | Request a copy |
|
Text
06. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (85kB) | Request a copy |
|
Text
07. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (166kB) |
|
Text
08. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan sangat penting bagi kehidupan setiap manusia, karena pendidikan dapat memberikan pengetahuan mengenai segala sesuatu yang ingin diketahui dan menyampaikan pandangan akan kehidupan. Dalam proses pendidikan di sekolah, belajar adalah cara seseorang untuk merubah perilaku, mengembangkan daya pikir dan pemahaman, serta meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan lain yang dibutuhkan. Penelitian ini berawal dari munculnya isu tingkat kecerdasan emosional yang rendah dan kebiasaan belajar siswa yang kurang baik. Maka dari itu, penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar. Penelitian ini dilakukan pada populasi siswa-siswi di SMA Budhi Warman II Jakarta angkatan 2023/2024 dengan menggunakan teknik proportionate stratified random sampling dengan 180 sampel penelitian. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli 2023 s.d. Juni 2024. Metode penelitian ini dilakukan secara kuantitatif dengan metode survei melalui kuesioner dengan aplikasi Google Form. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kecerdasan emosional dan kebiasaan belajar signifikan mempengaruhi prestasi belajar dengan nilai F hitung sebesar 54,780 > 3,05 dengan tingkat signifikansi 0,00 < 0,05 dan R2 (R Square) sebesar 0,375. Pada variabel kecerdasan emosional (X1) terhadap prestasi belajar (Y), hasil t hitung adalah 4,258 > t tabel 1,97346 dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05. Pada variabel kebiasaan belajar (X2) terhadap prestasi belajar (Y), hasil t hitung adalah 8,102 > t tabel 1,97346 dengan nilai Sig. 0,000 < 0,05. Artinya terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel Kecerdasan Emosional dan Kebiasaan Belajar terhadap variabel Prestasi Belajar. Jika semakin tinggi kecerdasan emosional dan kebiasaan belajar, maka dampaknya terhadap prestasi belajar pun akan meningkat. ***** Education is very important for human life, because education can provide knowledge about everything you want to know and convey the view about life. In the educational process at school, learning is a way for someone to change behavior, develop thinking and understanding skills, and increase knowledge, skills, and other required abilities. This research started from the emergence of problems regarding low levels of emotional intelligence and bad study habits among students. Therefore, the research aims to find out the effect of Emotional Intelligence and Study Habits to Learning Achievement. This research was conducted on the population of students at Budhi Warman II Senior High School Jakarta class of 2023/2024 by using proportionate stratified random sampling technique with 180 research samples. This research was carried out from July 2023 to June 2024. This research method was conducted quantitatively with a survey method through questionnaires using the Google Form application. This research concludes that emotional intelligence and study habits significantly influence learning achievement with F value calculation of 54.780 > 3.05 with a significance level of 0.00 < 0.05 and R2 (R Square) of 0.375. In the emotional intelligence (X1) to learning achievement (Y) variable, the calculated t result is 4.258 > t table 1.97346 with a Sig value. 0.000 < 0.05. In the study habits (X2) to learning achievement (Y) variable, the calculated t result is 8.102 > t table 1.97346 with a Sig value. 0.000 < 0.05. It means that there is a positive and significant influence of the emotional intelligence and study habits variables to the learning achievement variable, the effect on learning achievement will increase.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Roni Faslah, S.Pd., M.M. ; 2). Prof. Dr. Puji Wahono, S.E., M.Si |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah |
Divisions: | FE > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Users 25412 not found. |
Date Deposited: | 19 Aug 2024 00:36 |
Last Modified: | 19 Aug 2024 00:36 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50218 |
Actions (login required)
View Item |