MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI MODEL LEARNING CYCLE 5E PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV DI SDN MUNJUL 01

TRIYADI PRABOWO, . (2024) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI MODEL LEARNING CYCLE 5E PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV DI SDN MUNJUL 01. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover Skripsi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (268kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (389kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (403kB)
[img] Text
LAMPIRAN_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kriitis IPA melalui model Learning Cycle 5E siswa kelas IV SDN Munjul 01. Penelitian ini dilakukan di SDN Munjul 01 Jakarta Timur, dengan subjek penelitian siswa kelas IV B yang berjumlah 32 siswa semester genap tahun pelajaran 2023/2024. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan MC. Taggart. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data pada siklus 1 presentase siswa yang mencapai skor tes kemampuan berpikir kritis IPA ≥75 sebesar 59%. Hasil tersebut dinyatakan belum mencapai target yang ditentukan yaitu mencapai 80% dari jumlah siswa. Oleh karena itu peneliti, penelitian berlanjut pada siklus II. Pada siklus II, presentase siswa mencapai skor tes kemampuan bepikir kritis IPA ≥75 meningkat menjadi 81% sehingga sudah mencapai target yang diinginkan. Selanjutnya dilakukan siklus III sebagai bentuk pembuktian bahwa hasil yang didapatkan pada siklus II bukan hasil yang semu. Pada siklus III presentase siswa mencapai skor tes kemampuan bepikir kritis IPA ≥75 meningkat menjadi 87,5%. Data tes kemampuan berpikir kritis IPA pada siklus II dan III sudah mencapai target, maka penelitian berhenti pada siklus III. Instrumen pemantauan tindakan guru pada siklus I sebesar 86% meningkat pada siklus II menjadi 93%, dan pada siklus III meningkat menjadi 100%. Instrumen pemantauan tindakan siswa pada siklus I sebesar 80% meningkat pada siklus II menjadi 86% dan pada siklus III meningkat menjadi 100%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan model Learning Cycle 5E sebagai model pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dalam pembelajaran IPA siswa kelas IV SDN Munjul 01. ***** The objective of this research is to enhance the critical thinking skills in science of fourth-grade students at SDN Munjul 01 through the Learning Cycle 5E model. This study was conducted at SDN Munjul 01 in East Jakarta, with the subjects being 32 fourth-grade B students during the even semester of the 2023/2024 academic year. The research method used is the Classroom Action Research model by Kemmis and McTaggart. Each cycle consists of four stages: planning, action, observation, and reflection. Based on the research results, data from cycle I showed that the percentage of students achieving a science critical thinking test score of ≥75 was 59%. This result did not meet the target of 80% of students. Therefore, the research continued to cycle II. In cycle II, the percentage of students achieving a science critical thinking test score of ≥75 increased to 81%, thus meeting the desired target. Subsequently, cycle III was conducted to verify that the results from cycle II were not coincidental. In cycle III, the percentage of students achieving a science critical thinking test score of ≥75 increased to 87.5%. Since the data from the science critical thinking tests in cycles II and III met the target, the research concluded at cycle III. The teacher action monitoring instrument showed an increase from 86% in cycle I to 93% in cycle II, and to 100% in cycle III. The student action monitoring instrument showed an increase from 80% in cycle I to 86% in cycle II, and to 100% in cycle III. The conclusion obtained from this research is that using the Learning Cycle 5E model as a learning model can improve critical thinking skills in science learning for fourth grade students at SDN Munjul 01.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Endang M. Kurnianti, M. Ed ; 2). Drs. Endang Wahyudiana, M. Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 22884 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2024 04:25
Last Modified: 19 Aug 2024 04:25
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50280

Actions (login required)

View Item View Item