MUHAMMAD ALFIAN, . (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CANVA PADA MATA PELAJARAN PENGELOLAAN RAPAT FASE F MP SMK NEGERI 46 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Cover.pdf Download (519kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (249kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (242kB) | Request a copy |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (329kB) | Request a copy |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (499kB) | Request a copy |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (170kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (235kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (875kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis canva pada mata pelajaran pengelolaan Rapat MP SMK Negeri 46 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah RnD (Research and Development). Populasi dalam penelitian ini berjumlah 35 siswa fase F SMK Negeri 46 Jakarta. Teknik pengumpulan Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Teknik kualitatif digunakan untuk menganalisis data yang berupa catatan, saran, atau komentar dari penilaian lembar validasi atau angket dari penilaian validator dan subjek uji coba. Hasil penelitian ini berdasarkan hasil uji validasi dari beberapa ahli yaitu ahli materi, ahli bahasa, dan ahli media, bahwa media pembelajaran berbasis canva yang dikembangkan memperoleh persentase rata-rata 91% dengan kategori sangat layak. Pada uji praktikalitas yang dilakukan 35 siswa fase F pada tahap one to one evaluation dengan persentasi 81% yang dikategorikan sangat layak, pada tahap uji coba kelompok kecil dengan persentase 81 % dikategorikan sangat layak, dan pada uji coba kelompok besar dengan persentase 82% yang dikategorikan sangat layak. Hasil peneltian dam pengembangan ini menunjukan bahwa Media Pembelajaran Berbasis Canva Pada Mata Pelajaran Pengelolaan Rapat di SMK Negeri 46 Jakarta dinyarak sangat layak, serta dapat digunakan dalam kegatan pembelajaran. Kata kunci: Belajar dan Pembelajaran, Media Pembelajaran, Media audio visual ***** This study aims to develop canva-based learning media in the MP Meeting management subject of SMK Negeri 46 Jakarta. The research method used in this research is RnD (Research and Development). The population in this study amounted to 35 students of phase F of SMK Negeri 46 Jakarta. Collection techniques The data analysis techniques used in this research are qualitative analysis and quantitative analysis. Qualitative techniques are used to analyze data in the form of notes, suggestions, or comments from the assessment of validation sheets or questionnaires from the assessment of validators and trial subjects. The results of this study are based on the results of validation tests from several experts, namely material experts, linguists, and media experts, that the canva-based learning media developed obtained an average percentage of 91% with a very feasible category. In the practicality test conducted by 35 phase F students at the one to one evaluation stage with a percentage of 81% which is categorized as very feasible, at the small group trial stage with a percentage of 81% categorized as very feasible, and in the large group trial with a percentage of 82% which is categorized as very feasible. The results of this research and development indicate that Canva-based Learning Media in Meeting Management Subjects at SMK Negeri 46 Jakarta is very feasible, and can be used in learning activities. Keywords: Learning and Learning, Learning Media, Audio-visual Media
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Marsofiyati S.Pd., M.Pd. ; 2). Dr. Christian Wiradendi Wolor S.E., M.M |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FE > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Users 25042 not found. |
Date Deposited: | 20 Aug 2024 05:30 |
Last Modified: | 20 Aug 2024 05:30 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50331 |
Actions (login required)
View Item |