PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBENTUK PODCAST DALAM KETERAMPILAN MENYIMAK PADA SISWA KELAS X SMA KSATRYA

RAI AZZAHRA APRILIANA, . (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBENTUK PODCAST DALAM KETERAMPILAN MENYIMAK PADA SISWA KELAS X SMA KSATRYA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text (COVER)
File Ke - 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text (BAB 1)
File Ke - 2.pdf

Download (532kB)
[img] Text (BAB 2)
File Ke - 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (836kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
File Ke - 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (782kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
File Ke - 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
File Ke - 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
File Ke - 8.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
File Ke - 9_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media permbelajaran Bahasa Prancis berbentuk podcast pada keterampilan menyimak untuk kelas X. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang terdiri dari Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Namun, dalam penelitian ini hanya sampai tahap ketiga, yaitu Development atau pengembangan. Media pembelajaran yang dikembangkan berfokus pada materi keterampilan menyimak untuk siswa kelas X. Hasil dari pengembangan ini adalah sebuah podcast yang dapat diakses melalui aplikasi Spotify untuk digunakan di sekolah. Media audio dalam bentuk podcast pembelajaran dikembangkan berdasarkan hasil kuesioner kebutuhan siswa X di SMA Ksatrya dan wawancara dengan guru Bahasa Prancis. Penelitian ini menghasilkan podcast pembelajaran Bahasa Prancis untuk siswa kelas X SMA yang dapat dengan mudah diakses melalui aplikasi Spotify. Dalam proses pembuatan podcast, peneliti menggunakan situs web Elevenlabs.io dan aplikasi Adobe Premier Pro. Podcast pembelajaran terdiri dari 2 podcast keduanya bertemakan Décrire une personne. Pada episode pertama membahasa tentang Décrire une personne par l'apparance physique atau menggambarkan seseorang berdasarkan penampilan fisik dengan durasi 7 menit 32 detik. Sementara di episode 2 membahas tentang materi Décrire une personne par le caractère atau menggambarkan seseorang berdasarkan karakter dengan durasi 3 menit 28 detik. Podcast pembelajaran ini telah divalidasi oleh ahli media dan materi. Hasil validitas menyatakan bahwa podcast layak digunakan. Diharapkan hasil podcast ini dapat menjadi media pembelajaran alternatif yang dapat diakses oleh siswa tanpa terikat dengan ruang dan waktu. ***** The purpose of this research is to develop French learning media in the form of podcasts on listening skills for grade X. This research uses the research and development (R&D) method with the ADDIE model which consists of Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. This research is only limited to the third stage, namely Development. The learning media developed focuses on listening skills material for grade X students. The result of this development is a podcast that can be accessed through the Spotify application for use at school. Audio media in the form of learning podcasts was developed based on the results of the needs questionnaire of X students at Ksatrya High School and interviews with French teachers. This research produced a French learning podcast for grade X high school students that can be easily accessed through the Spotify application. In the process of making podcasts, researchers used the Elevenlabs.io website and the Adobe Premier Pro application. The learning podcast consists of 2 podcasts both of themed Décrire une personne. The first episode discusses Décrire une personne par l'apparance physique or describing someone based on physical appearance with a duration of 7 minutes 32 seconds. While episode 2 discusses Décrire une personne par le caractère or describing someone based on character with a duration of 3 minutes 28 seconds. This learning podcast has been validated by media and material experts. The validity results state that the podcast is feasible to use. It is expected that the results of this podcast can be an alternative learning media that can be accessed by students without being restricted by time and space.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Wahyu Tri Widyastuti, M.Pd. ; 2). Ratna, S.Pd., M.Hum.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Perancis
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: Users 25522 not found.
Date Deposited: 20 Aug 2024 03:49
Last Modified: 20 Aug 2024 03:49
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50336

Actions (login required)

View Item View Item