ANALISIS KECAKAPAN LITERASI DIGITAL WIDYAISWARA DI PUSAT PENDIDIKAN, PELATIHAN, DAN PENGEMBANGAN PROFESI KEMENTERIAN SOSIAL RI

AMARA FEBRIANIDA ISTIGFARI, . (2024) ANALISIS KECAKAPAN LITERASI DIGITAL WIDYAISWARA DI PUSAT PENDIDIKAN, PELATIHAN, DAN PENGEMBANGAN PROFESI KEMENTERIAN SOSIAL RI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (915kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (446kB)
[img] Text
LAMPIRAN_18_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB) | Request a copy

Abstract

Kecakapan literasi digital perlu dikuasai Widyaiswara pada era perkembangan digital ini karena merupakan hal yang akan berperan penting pada proses pelatihan guna mengembangkan kemampuan diri, sikap, dan kepribadian peserta pelatihan dengan pembelajaran yang modern dan interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat pemahaman Widyaiswara terhadap literasi digital dan implementasi literasi digital dalam kegiatan pelatihan di Pusat Pendidikan, Pelatihan, dan Pengembangan Profesi Kementerian Sosial RI. Informan dalam penelitian ini terdiri dari 2 informan utama selaku Widyaiswara dan 4 informan pendukung yang terdiri dari peserta pelatihan dan staf pokja pelatihan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif untuk menganalisis data yang dikumpulkan dalam bentuk kata-kata, ilustrasi, dan lain-lain. Hasil penelitian yang diperoleh adalah kecakapan literasi digital Widyaiswara di Pusat Pendidikan, Pelatihan, dan Pengembangan Profesi Kementerian Sosial RI sudah diterapkan sesuai dengan Teori-teori yang menjelaskan tentang Literasi Digital dalam bagian kajian teori, dimana meliputi Tingkat kecakapan literasi digital Widyaiswara dan Implementasi literasi digital Widyaiswara dalam kegiatan pelatihan. Namun, kendala yang ditemukan ialah kecakapan literasi digital belum dikuasai secara merata. Maka dari itu, Widyaiswara diharapkan dapat lebih menyadari urgensi pentingnya memiliki kecakapan literasi digital, terutama dalam era digital saat ini, agar dapat beradaptasi dengan perkembangan yang pesat dalam teknologi informasi. Hal ini diharapkan mampu menginspirasi inovasi dan pengembangan strategi dalam penyelenggaraan kegiatan pelatihan. ***** The digital literacy skills of Widyaiswara are crucial in this era of digital advancement as they play a pivotal role in training processes aimed at developing participants' capabilities, attitudes, and personalities through modern and interactive learning. This research aims to analyze the understanding level of Widyaiswara in digital literacy and the implementation of digital literacy in training activities at the Center for Education, Training, and Professional Development of the Indonesian Ministry of Social Affairs. The study involved 2 primary informants as Widyaiswara and 4 supporting informants including training participants and training team staff. A descriptive qualitative research method was employed to analyze data collected in the form of words, illustrations, and others. The findings reveal that Widyaiswara's digital literacy skills at the Center have been applied according to relevant theories, covering the levels of digital literacy proficiency and its implementation in training activities. However, challenges were identified, particularly in the uneven mastery of digital literacy skills. Therefore, it is essential for Widyaiswara to recognize the urgency of acquiring digital literacy skills, especially in today's digital age, to adapt to rapid advancements in information technology. This recognition is expected to inspire innovation and the development of strategies in training program delivery.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Daddy Darmawan, M.Si. ; 2). Intan Purnama Dewi, S.Pd., M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 22565 not found.
Date Deposited: 20 Aug 2024 23:10
Last Modified: 20 Aug 2024 23:10
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50360

Actions (login required)

View Item View Item