ANALISIS MINAT BELI SEPATU MEREK LOKAL PADA LOKAPASAR (STUDI KASUS GENERASI Z DI DAERAH JABODETABEK)

ACHMAD ARDIANSYAH, . (2024) ANALISIS MINAT BELI SEPATU MEREK LOKAL PADA LOKAPASAR (STUDI KASUS GENERASI Z DI DAERAH JABODETABEK). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1 - PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2 - KAJIAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3 - METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (636kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4 - PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5 - PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (360kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN & RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat beli sepatu merek lokal pada lokapasar dengan studi kasus Generasi Z di Daerah Jabodetabek. Sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis faktor eksploratori (EFA), analisis tabulasi sederhana, analisis deskriptif, dan skor rata-rata. Hasil pra riset tentang alasan minat beli sepatu merek lokal dibanding luar negeri dengan persentase 60% memilih sepatu merek lokal karena lebih murah dibanding luar negeri, persentase 17,5% memilih membeli sepatu merek lokal karena mendukung merek lokal, dan 15% memilih membeli sepatu merek lokal karena kualitas yang terjamin. Hasil uji validitas dalam penelitian ini dikatakan valid karena memiliki r hitung lebih besar dari r tabel sebesar 0,098 dan hasil uji reliabilitas dalam penelitian ini dikatakan reliabel karena cronbach’s alpha > 0,6. Hasil penelitian ini, minat beli sepatu lokal pada Generasi Z sangat tinggi dan sangat efektif dan faktor yang paling berpengaruh yaitu keunikan produk, kepercayaan terhadap produk, harga yang terjangkau, konten di media sosial yang menarik, dan yang terakhir adalah perasaan diterima oleh orang lain. Rekomendasi penelitian selanjutnya diharapkan dapat memperluas objek, subjek dan tempat penelitian, karena penelitian ini hanya mencakup sepatu lokal sebagai objek penelitian dan generasi Z sebagai subjek penelitian dan diharapkan penelitian selanjutnya dapat memperluas wilayah penelitian. Kedua, diharapkan bagi peneliti selanjutnya untuk menambah jumlah sampel penelitian sehingga dapat menemukan faktor-faktor lain yang kemungkinan berpotensi mempengaruhi minat beli sepatu lokal. Ketiga, diharapkan penelitian selanjutnya dapat memperkaya teori, metode analisis, dan perspektif yang digunakan untuk menjelaskan minat beli. ***** This research aims to investigate the purchase interest in local brand shoes on online marketplaces, with a case study focusing on Generation Z in the Greater Jakarta Area. The sample in this study was selected using the purposive sampling method. The analysis techniques used in this research include exploratory factor analysis (EFA), simple tabulation analysis, descriptive analysis, and average score analysis. Preliminary research results show that 60% of respondents prefer to buy local brand shoes because they are cheaper than foreign brands, 17.5% choose to buy local brand shoes to support local brands, and 15% choose local brand shoes because of their guaranteed quality. The validity test results in this study are considered valid as the calculated r-value is greater than the table r-value of 0.098, and the reliability test results are considered reliable as the Cronbach's alpha is greater than 0.6. The findings indicate that the purchase interest in local shoes among Generation Z is very high and highly effective, with the most influential factors being product uniqueness, trust in the product, affordable prices, attractive social media content, and the feeling of acceptance by others. The recommendations for future research include expanding the object, subject, and location of the study, as this research only covers local shoes as the object and Generation Z as the subject. It is also recommended to increase the sample size to discover other potential factors that may influence the interest in buying local shoes. Additionally, future research should enrich the theories, analytical methods, and perspectives used to explain purchase interest.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Andi Muhammad Sadat, S.E., M.Si., Ph.D. ; 2). Agung Kresnamurti Rivai P., S.T., M.M.
Subjects: Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: FE > D IV Pemasaran Digital
Depositing User: Achmad Ardiansyah .
Date Deposited: 21 Aug 2024 05:54
Last Modified: 21 Aug 2024 05:54
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50423

Actions (login required)

View Item View Item