PENGEMBANGAN MODEL WEB PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK TINGKAT MENENGAH B1 BERDASARKAN CEFR KETERAMPILAN BERBICARA

MUHAMMAD REFALDI RIDWAN, . (2024) PENGEMBANGAN MODEL WEB PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK TINGKAT MENENGAH B1 BERDASARKAN CEFR KETERAMPILAN BERBICARA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover (2).pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (499kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (428kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4 REV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (751kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB) | Request a copy
[img] Text
Dapus.pdf

Download (464kB)
[img] Text
Lampiran (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (741kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Model Website Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Pemula Tingkat B1 CEFR Keterampilan Berbicara. Metode penelitian pengembangan yang dilakukan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu: Analisis kebutuhan pembelajar bahasa Arab pemula, desain produk, pengembangan produk yang sesuai dengan rancangan, Implementasi produk/ uji coba produk terhadap pengguna, dan tahap terakhir adalah evaluasi produk untuk mengukur dan menilai tingkat keberhasilan produk dalam berbagai macam aspek. Evaluasi produk dilakukan lewat uji coba produk dan kuisioner yang diisi oleh 20 orang Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini memperoleh hasil dari ahli materi pendidikan sebesar 90% yang berarti materi pendidikan pada media sangat layak, dan hasil yang diperoleh dari ahli media sebesar 80% yang berarti web media ini layak digunakan. Responden menilai situs ini layak digunakan sebesar 87,5%. Hal ini juga menunjukkan bahwa website pembelajaran bahasa Arab CEFR dapat menarik minat siswa. Website ini juga membantu siswa belajar bahasa Arab dengan materi yang mudah dipahami. ***** This research aims to develop an Arabic Language Learning Website Model for Beginners at Level B1 CEFR Speaking Skills. The development research method is carried out using the ADDIE model which consists of 5 stages, namely: Analysis of the needs of beginner Arabic language learners, product design, product development in accordance with the design, product implementation/product testing on users, and the final stage is product evaluation to measure and assess the level of product success in various aspects. Product evaluation was carried out through product trials and questionnaires filled in by 20 students from the Arabic Language Education Study Program, Jakarta State University. This research obtained results from educational material experts of 90%, which means that the educational material in the media is very suitable, and the results obtained from media experts were 80%, which means that this web media is suitable for use. Respondents rated this site as suitable for use by 87.5%. This also shows that the CEFR Arabic language learning website can attract student interest. This website also helps students learn Arabic with material that is easy to understand.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Samsi Setiadi, M.Pd. ; 2). Dr. Raden Ahmad Barnabas, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 25573 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2024 04:04
Last Modified: 26 Aug 2024 04:04
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50432

Actions (login required)

View Item View Item