PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING BERMODIFIKASI STEAM DALAM PEMBELAJARAN IPA DI KELAS IV SDN TANAH TINGGI 3 TANGERANG

BAGAS PRIATMOJO, . (2024) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MELALUI MODEL PROJECT BASED LEARNING BERMODIFIKASI STEAM DALAM PEMBELAJARAN IPA DI KELAS IV SDN TANAH TINGGI 3 TANGERANG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover, Abstrak, Lembar Pengesahan, Lembar Originalitas, Surat Pernyataan Persetujuan Publikasi, Kata Pengantar dan Daftar Isi..pdf

Download (942kB)
[img] Text
Bab I Pendahuluan.pdf

Download (154kB)
[img] Text
Bab II Landasan Teori.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB) | Request a copy
[img] Text
Bab III Metodologi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text
Bab IV Hasil Penelitian.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Bab V Kesimpulan dan Saran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (359kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dengan tujuan meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV dalam mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SDN Tanah Tinggi 3 Tangerang. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas IV yang berjumlah 23 orang. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart, yang terdiri dari tiga siklus dengan tahapan yaitu perencanaan, tindakan dan observasi serta refleksi pada setiap siklusnya. Data penelitian terdiri dari data proses dan data hasil belajar peserta didik. Proses data diperoleh melalui observasi aktivitas guru dan aktivitas peserta didik serta data kemampuan berpikir kritis peserta didik yang diperoleh melalui tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada setiap siklus. Pada siklus pertama, hanya 26% peserta didik yang tuntas sementara 74% tidak tuntas. Pada siklus kedua, meningkat menjadi 50% untuk peserta didik yang tuntas dan 50% yang tidak tuntas. Sementara itu, pada siklus ketiga, peserta didik yang telah tuntas mencapai 87% dan yang tidak tuntas hanya 13%. Kesimpulannya yaitu adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis pada setiap siklus sehingga dapat dinyatakan bahwa penerapan model Project Based Learning bermodifikasi STEAM pada mata pelajaran IPA telah berhasil meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. ***** This Class Action Research was carried out with the aim of improving the critical thinking skills of grade IV students in Natural Sciences at SDN Tanah Tinggi 3 Tangerang. The subjects in this study are 23 class IV students. The type of research is classroom action research using the Kemmis and Mc Taggart models, which consists of three cycles with stages, namely planning, action and observation and reflection in each cycle. The research data consists of process data and student learning outcome data. The data process was obtained through observation of teacher activities and student activities as well as data on students' critical thinking skills obtained through tests. The results of the study showed that there was an increase in students' critical thinking skills in each cycle. In the first cycle, only 26% of students completed while 74% did not complete. In the second cycle, it increased to 50% for students who completed and 50% who did not complete. Meanwhile, in the third cycle, most students have completed 87% and are incomplete by only 13%. The conclusion is that there is an increase in critical thinking skills in each cycle so that it can be stated that the application of the STEAM modified project-based learning model in science subjects has succeeded in improving students' critical thinking skills.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Tunjungsari Sekaringtyas, M.Pd.; 2). Prof. Dr. Yurniwati, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 22934 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2024 04:24
Last Modified: 22 Aug 2024 04:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50451

Actions (login required)

View Item View Item