UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE KELAS IV SDN KENARI 07 JAKARTA PUSAT

SINDY MEISYAROH, . (2024) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN LEARNING IN SCIENCE KELAS IV SDN KENARI 07 JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (525kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (270kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (385kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (559kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (262kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (259kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (946kB) | Request a copy

Abstract

Saat ini Kurikulum Merdeka digunakan di sekolah dasar yang menggabungkan mata pelajaran yaitu Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). IPA bertujuan untuk menumbuhkan rasa ingin tahu tentang alam semesta dan kehidupan manusia. Namun, pembelajaran di SDN Kenari 07 menunjukkan hasil yang kurang memuaskan hal ini disebabkan oleh metode pembelajaran yang kurang efektif menggunakan metode ceramah. Tujuan penelitian dalam artikel ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada materi perubahan wujud benda melalui model pembelajaran Children Learning in Science di kelas IV SDN Kenari 07 Jakarta Pusat. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model siklus yang terdiri dari empat tahap utama, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Peneliti melaksanakan tindakan pembelajaran dengan model Children Learning in Sciencen untuk meningkatkan kualitas pembelajaran pada setiap siklusnya. Analisis data menunjukkan peningkatan kemampuan peserta didik dalam tes hasil belajar IPA setelah penerapan model pembelajaran Children Learning in Science siklus I diperoleh presentase sebesar 46,43 % yaitu hanya 13 peserta didik yang mendapatkan nilai di atas 80, berarti hasil belajar belum tercapai karena target yang ditentukan 70%. Sedangkan dalam data siklus II meningkat menjadi 89,28% yaitu terdapat 25 peserta didik yang mendapatkan nilai di atas 80 berarti telah terjadi peningkatan 42,82%, puncak terjadi pada siklus II di mana seluruh target dari hasil belajar telah tercapai. Rata-rata hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan yang signifikan dari siklus I ke siklus II yang menunjukkan bahwa model pembelajaran yang diterapkan efektif dalam meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materi perubahan wujud benda.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Tunjungsari Sekaringtyas, M.Pd. 2) Yofita Sari, M.Pd.
Subjects: Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 23159 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2024 04:56
Last Modified: 22 Aug 2024 04:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50486

Actions (login required)

View Item View Item