PENINGKATAN SIKAP ILMIAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA SISWA KELAS IV SDN RAWASARI 02 PAGI

AURA RIFQAH NABILA, . (2024) PENINGKATAN SIKAP ILMIAH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PADA SISWA KELAS IV SDN RAWASARI 02 PAGI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
cover.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Bab I .pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (577kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (543kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap ilmiah khususnya mata pelajaran IPA pada siswa kelas IV Sekolah Dasar. Materi yang diambil dalam penelitian ini adalah wujud zat dan perubahnnya. Subjek dari penelitian ini merupakan peserta didik kelas IV SDN Rawasari 02 Pagi. Penelitian Tindak Kelas ini menggunakan model Kemmis dan MC. Taggart yang dalam satu siklusnya terdiri dari empat tahap pelaksanaan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan instrument non tes dan catatan lapangan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model inkuiri terbimbing dapat dijadikan salah satu model pembelajaran untuk meningkatkan sikap ilmiah khususnya dalam mata pelajaran IPA. Berdasarkan data angket sikap ilmiah pada siklus I, siswa yang masuk kategori sangat tinggi dan tinggi 75,8%. Presentase ini meningkat pada siklus II yaitu menjadi 93%. Berdasarkan data pemantauan guru dan siswa pada siklus I yang masuk kategori sangat tinggi dan tinggi 70%. Presentase ini meningkat pada siklus II yaitu 90%. Dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran menggunakan model inkuiri terbimbing dapat meningkatkan sikap ilmiah khususnya dalam pelajaran IPA pada siswa kelas IV SDN Rawasari 02 Pagi Jakarta Pusat. Kata kunci : Meningkatkan sikap ilmiah IPA, model inkuiri terbimbing ***** This study aims to improve scientific attitudes, especially science subjects in grade IV elementary school students. The material taken in this study is the form of substances and their changes. The subjects of this study were fourth grade students of SDN Rawasari 02 Pagi. This Classroom Action Research uses the Kemmis and MC model. Taggart model which in one cycle consists of four stages of implementation, namely planning, action, observation and reflection. Data collection was carried out using non-test instruments and field notes. The results of this study indicate that the guided inquiry model can be used as one of the learning models to improve scientific attitudes, especially in science subjects. Based on scientific attitude questionnaire data in cycle I, students who were in the very high and high categories were 75.8%. This percentage increased in cycle II to 93%. Based on teacher and student monitoring data in cycle I, which was categorized as very high and high 70%. This percentage increased in cycle II, namely 90%. It is concluded that the learning processes using the guided inquiry model can improve the scientific attitudes, especially in science lessons for fourth grade students of SDN Rawasari 02 Pagi, Central Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Edwita, M.Pd.; 2). Tunjungsari Sekaringtyas., S.Pd., M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 23157 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2024 23:40
Last Modified: 22 Aug 2024 23:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50487

Actions (login required)

View Item View Item