PENGARUH PENGGUNAAN ALAT BANTU WALKER TERHADAP INTERAKSI SOSIAL BAGI ANAK DENGAN CEREBRAL PALSY (STUDI KASUS DI SMK PRISMA, PANCORAN MAS, DEPOK, JAWA BARAT)

INNAYATUL KHAEROH, . (2024) PENGARUH PENGGUNAAN ALAT BANTU WALKER TERHADAP INTERAKSI SOSIAL BAGI ANAK DENGAN CEREBRAL PALSY (STUDI KASUS DI SMK PRISMA, PANCORAN MAS, DEPOK, JAWA BARAT). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (319kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (574kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (244kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui, mendeskripsikan dan menyimpulkan Pengaruh penggunaan Walker terhadap interaksi sosial anak dengan Cerebral Palsy di SMK Prisma, Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan strategi studi kasus. Metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan studi dokumen. Dengan informan penelitian yaitu Kepala Sekolah, Wali Kelas, Teman Sebaya, dan anak dengan Cerebral Palsy. Teknik analisis data yang dilakukan mencakup reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan ketekunan pengamatan dan triangulasi data. Hasil temuan menunjukkan bahwa penggunaan alat bantu walker mempengaruhi interaksi sosial yaitu kontak sosial dan komunikasi, respon teman sebaya, dukungan lingkungan sekolah dan ekspresi emosional anak dengan cerebral palsy. Penggunaan alat bantu Walker dapat mempengaruhi interaksi sosial anak-anak dengan Cerebral Palsy secara positif. Dengan menggunakan Walker, anak-anak dapat lebih mandiri dalam bergerak, meningkatkan kepercayaan diri, dan memungkinkan mereka untuk lebih aktif dalam interaksi sosial dengan teman sebaya dan lingkungan sekitarnya. Respon sosial terhadap penggunaan Walker dapat bervariasi tergantung pada pemahaman dan sikap masyarakat terhadap anak dengan Cerebral Palsy. Kata Kunci: Alat bantu Walker, Interaksi sosial, Cerebral Palsy ******** This study aims to determine, describe and conclude the effect of Walker's use on the social interaction of children with Cerebral Palsy at SMK Prisma, Pancoran Mas, Depok, West Java. This research uses descriptive qualitative research methods with a case study strategy. Data collection methods through interviews, observations and document studies. With research informants namely the Principal, Homeroom Teacher, Peers, and children with Cerebral Palsy. Data analysis techniques include data reduction, data presentation and conclusion drawing. Data validity techniques use observation persistence and data triangulation. The findings show that the use of walker aids affects social interactions, namely social contact and communication, peer response, school environment support and emotional expression of children with cerebral palsy. The use of Walker aids can positively affect the social interactions of children with Cerebral Palsy. By using the Walker, children can be more independent in movement, increase self-confidence, and allow them to be more active in social interactions with peers and the surrounding environment. The social response to the use of the Walker may vary depending on the community's understanding and attitude towards children with Cerebral Palsy Keywords: Walker aids, Social interaction, Cerebral Palsy

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Irah Kasirah, M.Pd. ; 2). Drs. Bahrudin, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 22952 not found.
Date Deposited: 23 Aug 2024 04:22
Last Modified: 23 Aug 2024 04:22
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50521

Actions (login required)

View Item View Item