IMPLEMENTASI MODUL AJAR BERBASIS KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV DI SDLB B JAKARTA SELATAN (Penelitian Deskriptif Kualitatif di SLBN 11 Jakarta)

YOSEFINA HANA CHRISTINA, . (2024) IMPLEMENTASI MODUL AJAR BERBASIS KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV DI SDLB B JAKARTA SELATAN (Penelitian Deskriptif Kualitatif di SLBN 11 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (325kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (697kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (219kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (275kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Modul Ajar berbasis Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas IV hambatan pendengaran. Tempat penelitian ini berada di salah satu SLB di Jakarta Selatan yaitu SLBN 11 Jakarta. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dan informan dalam penelitian ini guru kelas IV dan wakasek bidang kurikulum. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan studi dokumen. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi metode dan sumber. Teknik analisis data mencangkup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian memperlihatkan adanya beberapa langkah yang ditempuh guru sebelum membuat modul ajar dengan isi yang terdiri dari Profil Pelajar Pancasila, komponen yang lengkap, dan format yang rapi. Pelaksanaannya terdiri dari pembukaan dan inti. Juga evaluasi yang dilakukan berupa asesmen prinsip MMR, formatif, dan sumatif. Peneliti menyarankan untuk memperdalam pemahaman tentang MMR dan mengaitkan elemen Bahasa Indonesia lebih kuat lagi dalam pembelajaran. Selain itu menyarankan agar dapat dilakukan penelitian mengenai implementasi pembelajaran berbasis Kurikulum Merdeka dalam perspektif yang lain. ***** This study aims to describe the implementation of teaching modules based on the Merdeka Curriculum in grade IV hearing impairments Bahasa Indonesia learning. The place of this research is in one of the special schools in South Jakarta, namely SLBN 11 Jakarta. The method used is descriptive qualitative and the informants in this study are the fourth grade teacher and the vice-secretary for curriculum. Data collection techniques are observation, interview, and document study. Data validity techniques using triangulation of methods and sources. Data analysis techniques include data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results showed that there were several steps taken by teachers before making teaching modules with the content of the teaching module consisting of a Pancasila Student Profile, complete components, and a neat format. The implementation consists of opening and core. Also the evaluation carried out in the form of MMR principle assessment, formative, and summative. Researchers suggest deepening understanding of MMR and incorporating Bahasa Indonesian elements more strongly in learning. In addition, it is suggested that research can be carried out on the implementation of learning based on the Merdeka Curriculum in other perspectives

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Murni Winarsih, M.Pd.; 2). Dr. Ishak Gerald Bachtiar, S.Si., M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Khusus
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 23000 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2024 00:03
Last Modified: 26 Aug 2024 00:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50552

Actions (login required)

View Item View Item