PENGARUH MODEL APTITUDE TREATMENT INTERACTION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI TANGERANG

TRI CAHYA MULIA, . (2024) PENGARUH MODEL APTITUDE TREATMENT INTERACTION TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI TANGERANG. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (523kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (594kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (568kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Kegiatan pembelajaran dalam kurikulum merdeka memiliki karakteristik fleksibel, berbasis kompetensi, fokus pada pengembangan kepribadian, dan beradaptasi terhadap kebutuhan dunia, oleh karena itu diharapkan setiap siswa yang telah mengikuti kegiatan pembelajaran matematika mampu mengasosiasikan pemahaman dan kemampuan berpikir kreatif matematis yang dimiliki untuk dapat menyelesaikan permasalahan yang ditemui secara lancar, dan fleksibel. Kemampuan pengajar untuk memenuhi kebutuhan siswa dalam belajar sangat dibutuhkan dalam memenuhi capaian pembelajaran yang telah ditetapkan, karena itulah penting bagi seorang pengajar berupaya merancang dan menerapkan model pembelajaran yang tepat. Dengan demikian tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model Aptitude Treatment Interaction (ATI) terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis ditinjau dari kemandirian belajar siswa di SMA Negeri Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan nonequivalent control group design, yaitu desain yang mengikutsertakan kelas eksperimen dan kontrol dalam penelitian. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X dari SMAN 3 Tangerang dan SMAN 9 Tangerang pada tahun ajaran 2023-2024. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipan dengan menggunakan observasi, tes dan pengisian angket. Analisis dan interpretasi data menunjukkan bahwa (1) Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran ATI lebih tinggi dari siswa yang belajar menggunakan model konvensional; (2) Terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kemandirian belajar siswa terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis; (3) Pada kategori kemandirian belajar tinggi, kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran ATI lebih tinggi dari siswa yang belajar menggunakan model konvensional; dan (4) Pada kategori kemandirian belajar rendah, kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran ATI lebih tinggi, tetapi tidak memiliki perbedaan signifikan dari siswa yang belajar menggunakan model konvensional. Temuan ini mengarah pada rekomendasi bahwa untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa maka model pembelajaran ATI perlu diterapkan dalam pembelajaran matematika. ABSTRACT Learning activities in the independent curriculum have the characteristics of being flexible, competency-based, focused on personality development, and adapting to world needs, therefore it is hoped that every student who has taken part in mathematics learning activities will be able to associate their mathematical understanding and creative thinking skills to be able to solve problems that arise. found smoothly and flexibly. The teacher's ability to meet students' learning needs is very necessary in meeting the learning outcomes that have been set, which is why it is important for a teacher to try to design and implement appropriate learning models. Thus, the aim of this research is to determine the effect of the Aptitude Treatment Interaction (ATI) model on mathematical creative thinking abilities in terms of student learning independence in SMA Negeri Tangerang. This research uses a quasi-experimental method with a nonequivalent control group design, namely a design that includes experimental and control classes in the research. The sample in this study were class X students from SMAN 3 Tangerang and SMAN 9 Tangerang in the 2023-2024 academic year. Data collection was carried out through participant observation using observation, tests and filling out questionnaires. Analysis and interpretation of data shows that (1) The mathematical creative thinking abilities of students who learn using the ATI learning model are higher than students who learn using conventional models; (2) There is an interaction between the learning model and student learning independence on mathematical creative thinking abilities; (3) In the high learning independence category, the mathematical creative thinking abilities of students who study using the ATI learning model are higher than students who study using conventional models; and (4) In the low learning independence category, the mathematical creative thinking ability of students who learn using the ATI learning model is higher, but does not have a significant difference from students who learn using the conventional model. These findings lead to the recommendation that to improve students' mathematical creative thinking abilities, the ATI learning model needs to be applied in mathematics learning.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1) Dr. LUKITA AMBARWATI, M.Si. 2) TIAN ABDUL AZIZ, Ph.D.
Subjects: Karya Umum > Karya Tulis Perguruan TInggi
Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 25586 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2024 00:36
Last Modified: 26 Aug 2024 00:36
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50566

Actions (login required)

View Item View Item