AISYAH QONITA MERIZA, . (2024) PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP PEMAHAMAN KONSEPTUAL PESERTA DIDIK PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
01_COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02_Bab I.pdf Download (187kB) |
|
Text
03_Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) | Request a copy |
|
Text
04_Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (319kB) | Request a copy |
|
Text
05_Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (446kB) | Request a copy |
|
Text
06_Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (178kB) | Request a copy |
|
Text
07_Daftar Pustaka.pdf Download (198kB) |
|
Text
08_Lampiran-riwayat hidup.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
AISYAH QONITA MERIZA. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization Terhadap Pemahaman Konseptual Peserta Didik Pada Materi Larutan Penyangga. Skripsi, Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Jakarta. Juli 2024. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization terhadap pemahaman konseptual peserta didik pada materi larutan penyangga di kelas XI Peminatan Kimia. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April sampai dengan bulan Mei di kelas XI Peminatan Kimia SMAN 11 Jakarta pada semester genap tahun ajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Jenis eksperimen yang digunakan adalah quasi eksperimental dengan desain pretest-posttest nonequivalent control group design. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 72 peserta didik. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dan dipilih dua kelas sebagai sampel. Kelas eksperimen adalah kelas XI Peminatan Kimia 01 dan kelas kontrol adalah kelas XI Peminatan Kimia 02. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji t. Instrumen tes yang digunakan berupa two-tier multiple choice diagnostic test sebanyak 15 soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor posttest pemahaman konseptual peserta didik pada kelas eksperimen yang diajar menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol yang diajar menggunakan pembelajaran 5M. Perhitungan statistik juga mengungkapkan bahwa pada kelas eksperimen, rata-rata skor posttest pemahaman konseptual lebih tinggi dari rata-rata skor pretest pemahaman konseptual. Hal ini mengindikasikan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization berpengaruh positif terhadap pemahaman konseptual peserta didik pada materi larutan penyangga. Kata kunci: Team Assisted Individualization, Pemahaman Konseptual, Larutan Penyangga. ***** AISYAH QONITA MERIZA. The Effect of Team Assisted Individualization Cooperative Learning on Students Conceptual Understanding of Buffer Solution Material. Mini Thesis, Chemistry Education, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Jakarta. July 2024. This study aims to determine the effect of Team Assisted Individualization on students' conceptual understanding of buffer solution material in XI Chemistry Specialization Class. This research was conducted from April to May in XI Chemistry Specialization Class of SMAN 11 Jakarta in the even semester of the 2023/2024 academic year. The type of research carried out is experimental research with a quantitative approach. The type of experiment used was quasi-experimental with pretest-posttest nonequivalent control group design. The number of samples in this study were 72 students. Sampling was carried out using purposive sampling technique and two classes were selected as samples. The experimental class was XI Chemistry Specialization 01 and the control class was XI Chemistry Specialization 02. The test instrument used was a two-tier multiple choice diagnostic test which consists of 15 questions. The results showed that the average posttest score of students' conceptual understanding in the experimental class taught using Team Assisted Individualization was greater than the control class taught using 5M learning. Statistical calculations also revealed that in the experimental class, the average posttest score of conceptual understanding was higher than the average pretest score of conceptual understanding. This indicates that the application of Team Assisted Individualization cooperative learning has a positive effect on conceptual understanding. Keywords: Team Assisted Individualization, Conceptual Understanding, Buffer.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Maria Paristiowati, M.Si. ; 2). Irwan Saputra, Ph.D. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Users 24032 not found. |
Date Deposited: | 12 Sep 2024 05:13 |
Last Modified: | 12 Sep 2024 05:13 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50567 |
Actions (login required)
View Item |