MUHAMAD FERDYYANSYAH, . (2024) ANALISIS TATA RUANG KANTOR DALAM MEWUJUDKAN EFISIENSI KERJA PEGAWAI DI KANTOR PUSAT PENDIDIKAN DAN PELATIHAN PERPUSTAKAAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf.pdf Download (278kB) |
|
Text
BAB 2.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (374kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (167kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (581kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf Download (310kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Chief Executive of Workplace Leesman Tim Oldman menyatakan bahwa semakin banyak faktor yang mengkhawatirkan muncul di kantor. Hal ini disebabkan oleh banyaknya organisasi yang fokus pada peningkatan produktivitas kerja, tetapi mengabaikan ruang kerja bagi karyawan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis rancangan, penerapan asas-asas, dan faktor-faktor yang memengaruhi tata ruang kantor, efisiensi kerja pegawai, dan hambatan serta upayanya dalam mengatasi berbagai hambatan yang timbul dalam tata ruang kantor Pusdiklat Perpustakaan Nasional RI. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan data yang dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi sumber, teori dan waktu. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tata ruang kantor yang digunakan Pusdiklat Perpustakaan Nasional RI merupakan jenis tata ruang gabungan yang menggabungkan ruang terbuka dan tertutup, dengan luas yang kurang optimal karena masih terdapat ruangan yang terasa sempit; (2) Penerapan asas tata ruang kantor belum sepenuhnya optimal karena penerapan asas keamanan dan kepuasan yang belum memberikan kepuasan kepada pekerja akan peralatan dan perabotan yang digunakan; (3) faktor yang memengaruhi ruang kantor, seperti cahaya, warna, udara, dan suara sudah memenuhi standar; (4) Efisiensi kerja pegawai dapat terwujud dengan adanya penyusunan ruang dan peralatan yang berdekatan, ruang gerak yang cukup luas, serta penataan yang memudahkan pelaksanaan tugas dan fungsi pegawai; (5) Terjadinya hambatan yang disebabkan oleh fasilitas dan tata ruang kantor yang semuanya sudah dapat diatasi dengan mengakomodasi segala kebutuhan untuk mengatasi hambatan yang terjadi. Kata Kunci: Kantor, Tata Ruang Kantor, Efisiensi Kerja ********* Chief Executive of Workplace Leesman, Tim Oldman, stated that more and more concerning factors are emerging in the office. This is due to many organizations focusing on increasing work productivity while neglecting the workspace for employees. This study aims to analyze the design, application of principles, and factors that influence office layout, employee work efficiency, and obstacles and efforts to overcome various obstacles that arise in the office layout of the Education and Training Center of The National Library of The Republic of Indonesia (Pusdiklat Perpustakaan Nasional RI). This study is a descriptive qualitative research, with data collected through interviews, observations, and document studies. The validity of the data was tested using source triangulation, theory, and time. The data analysis techniques used in this study are data reduction, data presentation, and conclusion drawing. The results of this study indicate that: (1) The office layout used by Pusdiklat Perpustakaan Nasional RI is a mixed office type that merges open and closed spaces, with less than optimal space utilization as some areas still feel cramped; (2) The application of office layout principles is not yet fully optimal due to the implementation of safety and satisfaction principles that do not yet provide employees with satisfaction regarding the equipment and furnishings used; (3) factors affecting the office space, such as light, color, air, and sound, have met the standards; (4) Work efficiency of employees can be realized with the arrangement of adjacent spaces and equipment, ample movement space, and layout that facilitates the execution of tasks and functions of the employees; (5) Obstacles caused by facilities and office layout have all been addressed by accommodating all needs to overcome the obstacles that occur. Keywords: Office, Office Layout, Work Efficiency
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Sugiarto, M.A. ; 2). Dr. Wahyu Sri Ambar Arum, M.A. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Manajemen > Pendidikan, Riset Penelitian Bisnis |
Divisions: | FIP > S1 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Users 22844 not found. |
Date Deposited: | 25 Aug 2024 22:53 |
Last Modified: | 25 Aug 2024 22:53 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50578 |
Actions (login required)
View Item |