PENDEKATAN METODE BERMAIN TERHADAP HASIL BELAJAR PASING BAWAH BOLA VOLI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BOJONG GEDE

AZHAR SUPRIATNA, . (2014) PENDEKATAN METODE BERMAIN TERHADAP HASIL BELAJAR PASING BAWAH BOLA VOLI PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BOJONG GEDE. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER .pdf

Download (199kB)
[img] Text
ABSTRAK dll.pdf

Download (70kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (100kB)
[img] Text
bab 2.pdf

Download (914kB)
[img] Text
bab 3 skripsi.pdf

Download (131kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (258kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (160kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (125kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (66kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar terhadap pasing bawah bola voli pada siswa kelas VIII SMPN 1 Bojonggede Bogor. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Bojonggede Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (Class Room Action Research) dengan pengambilan data kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini melibatkan Guru pendidikan jasmani sebagai kolaborator, penelitian dilakukan sebanyak 1 siklus yang terdiri dari tiga kali pertemuan. Kegiatan pertemuan pertama yang direalisasikan melalui metode bermain memberikan hasil sebagai berikut : 1) siswa belum paham akan konsep pasing bawah bola voli, contonya, siswa masih melakukan pasing bawah dengan tidak meluruskan lengan sepenuhnya, 2) siswa masih melakukan gerakan pasing bawah dengan sikap pandangan kurang sempurna yaitu pandangan tidak fokus kearah datangnya bola, 3) siswa belum percaya diri dalam melakukan gerakan pasing bawah bola voli. Kegiatan pertemuan kedua yang direalisasikan melalui metode bermain memberikan hasil sebagai berikut : 1) seluruh siswa sudah dapat memahami dasar-dasar gerakan pasing bawah bola voli dengan benar dan baik, pemahaman ini dapat dilihat dari cara siswa melakukan dan mempelajari gerakan pasing bawah bola voli dengan benar dan baik, 2) sebagian siswa sudah bisa melakukan pasing bawah bola voli sesama temannya, 3) terdapat permasalahan yang terjadi beberapa siswa masih belum benar melakukan pasing bawah bola voli dikarenkan kurangnya percaya diri dalam melakukan gerakan pasing bawah bola voli. Kegiatan pertemuan ketiga yang direalisasikan melalui metode bermain memberikan hasil sebagai berikut : 1) siswa mulai memahami dasar-dasar pasing bawah dengan benar dan baik, pemahaman ini dapat dilihat dari cara siswa melakukan dan mempelajari gerakan pasing bawah bola voli dengan benar dan baik, 2) siswa dapat melakukan tahapan pasing bawah bola voli dengan benar, 3) motivasi dan percaya diri siswa meningkat saat melakukan pasing bawah bola voli sehingga siswa bisa melakukan pasing bawah bola voli dengan benar dan baik. Hasil penelitian ini yaitu adanya peningkatan hasil belajar pasing bawah bola voli menggunakan pendekatan metode bermain, dari hasil tes awal menghasilkan prosentase sebesar 43% siswa mampu melakukan pasing bawah bola voli dengan benar, kemudian dilakukan tindakan siklus 1 yang terdiri dari tiga kali pertemuan dengan hasil sebesar 100% siswa dapat melakukan gerakan pasing bawah bola voli dengan benar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr.dr. James AP. Tangkudung, M.Pd. ; 2). Drs. Sudarso, M.Pd.
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga > Aneka Olah Raga
Divisions: FIO > Pendidikan Jasmani
Depositing User: Rima Safitri .
Date Deposited: 23 Oct 2019 12:03
Last Modified: 23 Oct 2019 12:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/506

Actions (login required)

View Item View Item