MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS V SD NEGERI DUREN SAWIT 13 PAGI JAKARTA TIMUR

SELVRYSAH NASUTION, . (2024) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS V SD NEGERI DUREN SAWIT 13 PAGI JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab I Pendahuluan.pdf

Download (235kB)
[img] Text
Bab II Landasan Teori.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB) | Request a copy
[img] Text
Bab III Metodologi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB) | Request a copy
[img] Text
Bab IV Pembahasan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Bab V Kesimpulan dan Saran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (255kB)
[img] Text
Lampiran dan Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran matematika menjadi masalah dalam penelitian ini. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas V SD Negeri Duren Sawit 13 Pagi Jakarta Timur. Subjek dalam penelitian ini adalah 30 siswa kelas V SD. Model penelitian tindakan kelas menggunakan prosedur Kemmis dan Taggart dengan tahapan penelitian, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data, yaitu dengan tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Pada penelitian siklus I, kemampuan pemecahan masalah mendapatkan presentase sebesar 53% sedangkan pemantau tindakan kegiatan guru sebesar 85% dan kegiatan siswa sebesar 81%. Pada penelitian siklus II, kemampuan pemecahan masalah memperoleh presentase sebesar 83% dengan peningkatan sebesar 30% dari siklus sebelumnya. Sementara itu, pemantau tindakan kegiatan guru memperoleh presentase sebesar 95% dan kegiatan siswa sebesar 96% yang berarti penelitian mengalami peningkatan hasil. Dengan demikian, terdapat implikasi bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran matematika. **************** The low problem solving abilities of students in learning mathematics is a problem in this research. This classroom action research was carried out to improve problem solving abilities in mathematics learning in V grade students at SD Negeri Duren Sawit 13 Pagi, East Jakarta. The subjects in this research were 30 fifth grade elementary school students. The classroom action research model uses Kemmis and Taggart procedures with research stages, namely planning, action, observation and reflection. Data collection techniques, namely tests, observations, field notes and documentation. In the first cycle of research, problem solving abilities got a percentage of 53%, while monitoring teacher activities was 85% and student activities were 81%. In the second cycle of research, problem solving abilities obtained a percentage of 83% with an increase of 30% from the previous cycle. Meanwhile, monitoring teacher activities obtained a percentage of 95% and student activities of 96%, which means research results have increased. Thus, there is an implication that the application of the Think Pair Share type cooperative learning model can improve students' problem solving abilities in learning mathematics.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Dudung Amir Soleh, M.Pd. ; 2). Dr. Uswatun Hasanah, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Sains > Matematika
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 23088 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2024 23:24
Last Modified: 26 Aug 2024 23:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50604

Actions (login required)

View Item View Item