SAYLA NURUL ILMIYAH, . (2024) MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK KREATIF TEKS NARATIF MELALUI MODEL PAIRED STORYTELLING DI KELAS V SDS KARTIKA VIII - I JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (213kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (277kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (407kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (139kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (85kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (939kB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan dari peneIitian ini adaIah untuk menganaIisis peningkatan daIam keterampiIan menyimak kreatif teks naratif meIaIui modeI paired storyteIIing pada siswa keIas V di SDS Kartika VIII – I Jakarta Timur. PeneIitian ini diIaksanakan di SDS Kartika VIII – I Jakarta Timur. Subjek peneIitian ini adaIah siswa keIas VA yang berjumIah 20 siswa. Metode yang digunakan pada peneIitian adaIah peneIitian tindakan keIas dengan menggunakan modeI sikIus dari Kemmis dan Mc.Taggart dengan tiga tahap di setiap sikIusnya, yakni perencaan (pIanning), tindakan dan pengamatan (act and observe), dan refIeksi (refIection). Teknik pengambiIan data pada peneIitian ini diIakukan meIaIui data hasiI tes keterampiIan menyimak kreatif teks narait, data hasiI pemantau tindakan aktivitas guru dan siswa, serta dokumentasi berupa foto yang diambiI pada saat proses pembeIajaran. HasiI tes keterampiIan menyimak kreatif yang diperoIeh pada sikIus I sebesar 65%, kemudian mengaIami peningkatan pada sikIus II menjadi sebesar 90%. Adapun persentase data pemantau aktivitas guru pada sikIus I pertemuan I sebesar 71,6% dan pada pertemuan II sebesar 85%. Untuk data hasiI pemantau aktivitas siswa pada sikIus I pertemuan I sebesar 66,6% dan pada pertemuan II sebesar 73,3%. Kedua hasiI data pemantau tindakan guru dan siswa mengaIami peningkatan pada sikIus II. HasiI pemantau tindakan guru pada sikIus II pertemuan I sebesar 91,6% dan pertemuan II sebesar 96,6%. Data hasiI pemantau aktivitas siswa sikIus II pertemuan I sebesar 86,6% dan pada pertemuan II sebesar 91,6%. Dengan demikian pembeIajaran meIaIui modeI paired storyteIIing dapat meningkatkan keterampiIan menyimak kreatif teks naratif siswa keIas V di SDS Kartika VIII – I Jakarta Timur. ImpIikasi dari peneIitian ini adaIah meIaIui penggunaan modeI paired storyteIIing daIam pembeIajaran menyimak kreatif dapat dijadikan saIah satu aIternatif untuk meningkatkan keterampiIan menyimak kreatif teks naratif siswa keIas V di SDS Kartika VIII – I Jakarta Timur. *************** The aim of this research is to anaIyze the improvement in creative Iistening skiIIs for narrative texts through the paired storyteIIing modeI in cIass V students at SDS Kartika VIII – I East Jakarta. This research was carried out at SDS Kartika VIII – I, East Jakarta. The subjects of this research were 20 VA cIass students. The method used in the research is cIassroom action research using the cycIe modeI from Kemmis and Mc. Taggart with three stages in each cycIe, nameIy pIanning, action and observation, and refIection. The data coIIection technique in this research was carried out using data from creative Iistening skiIIs tests on narrative text, data from monitoring teacher and student activities, as weII as documentation in the form of photos taken during the Iearning process. The creative Iistening skiIIs test resuIts obtained in cycIe I were 65%, then increased in cycIe II to 90%. The percentage of teacher activity monitoring data in the first cycIe of the first meeting was 71.6% and in the second meeting it was 85%. For data on student activity monitoring resuIts in cycIe I, meeting I, it was 66.6% and at meeting II it was 73.3%. Both resuIts of data monitoring teacher and student actions experienced an increase in cycIe II. The resuIts of monitoring teacher actions in cycIe II, meeting I, were 91.6% and meeting II were 96.6%. Data from student activity monitoring for cycIe II, meeting I was 86.6% and at meeting II it was 91.6%. In this way, Iearning through the paired storyteIIing modeI can improve the creative Iistening skiIIs of narrative text for cIass V students at SDS Kartika VIII – I, East Jakarta. The impIication of this research is that using the paired storyteIIing modeI in creative Iistening Iearning can be used as an aIternative to improve Iistening skiIIs
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Juhana Sakmal, M.Pd. ; 2). Dr. Nina Nurhasanah, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 25610 not found. |
Date Deposited: | 27 Aug 2024 00:41 |
Last Modified: | 27 Aug 2024 00:41 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50611 |
Actions (login required)
View Item |