FIBULA PURNAMA, . (2020) Pengaruh Pengetahuan Mengenai Isu-Isu Lingkungan (Knowledge about Environmental Issues) dan Intensi untuk Bertindak (Intention to Act) terhadap Perilaku Bertanggung Jawab Lingkungan (Responsible Environmental Behavior) Siswa: Studi Kausal pada Siswa SMA di Bekasi. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER(1).pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB I(1).pdf Download (337kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA(1).pdf Download (400kB) |
Abstract
Isu-isu lingkungan yang terjadi merupakan hal yang harus diselesaikan oleh semua pihak, salah satunya dengan mengembangkan perilaku bertanggung jawab lingkungan. Perilaku bertanggung jawab lingkungan yang dimiliki oleh siswa merupakan hasil dari berbagai faktor yang mempengaruhinya. Faktor tersebut diantaranya adalah intensi untuk bertindak dan pengetahuan mengenai isu-isu lingkungan. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan mengenai isu lingkungan dan intensi untuk bertindak terhadap perilaku bertanggung jawab lingkungan. Penelitian dilaksanakan di SMAN 4 Bekasi pada Semester I, bulan November tahun ajaran 2019/2020. Metode yang digunakan adalah metode survei kuantitaif melalui studi kausal dengan analisis jalur. Sampel yang digunakan sejumlah 98 siswa kelas X MIPA. Instrumen yang digunakan berupa instrumen test dalam bentuk benar-salah untuk variabel pengetahuan mengenai isu-isu lingkungan, dan instrumen opinioner untuk variabel intensi untuk bertindak dan perilaku bertanggung jawab lingkungan. Dari hasil pengujian hipotesis didapatkan temuan berupa tidak terdapat pengaruh langsung antara pengetahuan mengenai isu-isu lingkungan terhadap perilaku bertanggung jawab lingkungan, terdapat pengaruh langsung antara pengetahuan mengenai isu-isu lingkungan terhadap intensi untuk bertindak, dan terdapat pengaruh langsung antara intensi untuk bertindak dan perilaku bertanggung jawab lingkungan. Berdasarkan hasil yang didapatkan maka disimpulkan bahwa dalam mengembangkan perilaku bertanggung jawab lingkungan, faktor seperti intensi untuk bertindak perlu dipertimbangkan, dan untuk mengembangkan intensi untuk bertindak, perlu mempertimbangkan faktor-faktor salah satunya dalah pengetahuan mengenai isu-isu lingkungan. Kata Kunci: analisis jalur, intensi untuk bertindak, siswa, pengetahuan, perilaku bertanggung jawab lingkungan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. I Made Putrawan 2). Dr. Diana Vivanti Sigit, M.Si |
Subjects: | Pendidikan > Psikologi Pendidikan Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Users 900 not found. |
Date Deposited: | 26 Mar 2020 17:47 |
Last Modified: | 26 Mar 2020 17:47 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/5062 |
Actions (login required)
View Item |