Pengembangan Media Pembelajaran Sparkol Videoscribe Pada Muatan Pelajaran IPAS Materi Cara Memenuhi Kebutuhan di Kelas IV Sekolah Dasar

ADI KUSMORO, . (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Sparkol Videoscribe Pada Muatan Pelajaran IPAS Materi Cara Memenuhi Kebutuhan di Kelas IV Sekolah Dasar. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. FILE PERTAMA 1.pdf

Download (376kB)
[img] Text
2. FILE KEDUA.pdf

Download (294kB)
[img] Text
3. FILE KETIGA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
4. FILE KEEMPAT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
5. FILE KELIMA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (574kB) | Request a copy
[img] Text
6. FILE KEENAM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB) | Request a copy
[img] Text
8. FILE KEDELAPAN.pdf

Download (252kB)
[img] Text
9. FILE KESEMBILAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran video interaktif berbasis videoscribe pada muatan pelajaran IPAS. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Taman Harapan Warakas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan model Research and Development dengan pendekatan (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) ADDIE. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner. Penilaian produk media dilakukan oleh dua ahli, yaitu: ahli materi, ahli media. Hasil penilaian oleh ahli materi mendapat skor 95% dengan kategori sangat baik. Penilaian oleh ahli media mendapat skor 92% dalam kategori sangat baik. Penilaian oleh ahli bahasa mendapat skor 91,7% dalam kategori sangat baik. Hasil data analisis validasi penilaian ahli mendapatkan skor kelayakan produk sebesar 97% sehingga mendapatkan kategori yang sangat baik. Sedangkan dalam uji coba one to one,small group, dan Field test. Dalam uji Coba one to one (3 siswa) mendapat skor 90,47% dengan kategori sangat baik,dalam uji coba small group (6 siswa) mendapatkan skor 92,86%, dan dalam uji coba Field test (20 siswa) mendapatkan skor 97% dengan kategori sangat baik.Sehingga video interaktif berbasis Videoscribe pada mata pelajaran IPAS layak digunakan sebagai bahan atau media tambahan yang dapat digunakan oleh siswa sekolah dasar di Indonesia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Arifin Makasum, M.Pd 2). Drs. Adi Putra, M.Pd
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Ilmu Sosial > Komunikasi
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 25524 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2024 01:48
Last Modified: 30 Aug 2024 01:48
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50689

Actions (login required)

View Item View Item