SYIFA RINA AMALIA, . (2024) PENGARUH MODUL PELATIHAN HIDROPONIK DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN DASAR HIDROPONIK NARAPIDANA DI RUMAH TAHANAN NEGARA KELAS I JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Cover.pdf Download (2MB) |
|
Text
Bab I.pdf Download (1MB) |
|
Text
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan merupakan proses penting dalam mengembangkan kemampuan dan membentuk watak individu. Pada konteks pendidikan non-formal, pelatihan sangat relevan untuk membantu narapidana mempersiapkan diri menghadapi kehidupan setelah masa tahanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh modul hidroponik meningkatkan pengetahuan dasar hidroponik narapidana di Rumah Tahanan Kelas I Jakarta Pusat. Pada penelitian ini terdapat rangkaian perlakuan (treatment) yang dilakukan sebanyak 2 pertemuan. Populasinya adalah narapidana yang mengikuti pelatihan hidroponik dengan sampel penelitian berjumlah 10 narapidana di Rumah Tahanan Kelas I Jakarta Pusat. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah statistik non-parametrik dengan rumus "sign-test". Temuan penelitian mempelihatkan bahwasanya pengetahuan dasar hidroponik narapidana di Rumah Tahanan Kelas I Jakarta Pusat menunjukkan rata-rata nilai pre-test yang diperoleh narapidana sebesar 52. Kemudian setelah mendapat perlakuan (treatment) menggunakan modul pelatihan hidroponik, nilai rata-rata yang diperoleh meningkat menjadi 93. Dari hasil uji diperoleh nilai Zhitung yaitu 2,84 lebih besar dari nilai Ztabel yaitu 1,96 (2,84 > 1,96) dengan signifikasi 5%. Oleh karena itu, hipotesis H0 ditolak dan hipotesis Ha diterima. Maka, hasil pengujian tersebut menunjukkan bahwa modul pelatihan hidroponik berpengaruh terhadap pengetahuan dasar hidroponik narapidana di Rumah Tahanan Kelas I Jakarta Pusat. ***** Education is a crucial process in developing abilities and shaping individual character. In the context of non-formal education, training plays a significant role in helping inmates prepare for life after their imprisonment. This research aims to determine the effectiveness of a hydroponics module in enhancing the basic hydroponics knowledge of inmates at the Class I Central Jakarta Prison. The study employed a two-session treatment design. The population consisted of inmates participating in hydroponics training, with a sample size of 10 inmates from the Class I Central Jakarta Prison. Non-parametric statistics with the "sign-test" formula was utilized for data analysis. The research findings revealed that the average pre-test score for basic hydroponics knowledge among inmates at the Class I Jakarta Pusat Prison was 52. After receiving the hydroponics training module intervention, the average score improved significantly to 93. The calculated Z-value (2.84) was found to be greater than the Z-table value (1.96) (2.84 > 1.96) with a 5% significance level. Consequently, the null hypothesis (H0) was rejected, and the alternative hypothesis (Ha) was accepted. Therefore, the results of the test indicate that the hydroponics training module has a significant impact on the basic hydroponics knowledge of inmates at the Class I Central Jakarta Prison.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Henny Herawaty BR.D. M.Pd ; 2). Prof. Hafid Abbas |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | Users 24106 not found. |
Date Deposited: | 02 Sep 2024 23:43 |
Last Modified: | 02 Sep 2024 23:43 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50730 |
Actions (login required)
View Item |