PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN HOLOGRAM KIT BERBASIS SAINTIFIK MATERI SIKLUS HIDUP DI KELAS III SDN PONDOK LABU 14 PAGI JAKARTA SELATAN

Diffa Aulia Larasati, . (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN HOLOGRAM KIT BERBASIS SAINTIFIK MATERI SIKLUS HIDUP DI KELAS III SDN PONDOK LABU 14 PAGI JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (368kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (660kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (526kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (318kB)
[img] Text
lampiiran dan riwayat hidup_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini mengembangkan media pembelajaran berbasis hologram saintifik untuk materi siklus hidup hewan kelas III SD, produk hasil penelitian ini dinamakan Hologram Kit. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah menghasilkan produk dan mengetahui kelayakannya. Metode penelitian ini merupakan metode penelitian dan pengembangan (research and development) atau R&D dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi). Data dikumpulkan melalui wawancara dan kuesioner, kemudian dianalisis dengan model Creswell. Responden terdiri dari ahli materi, media, bahasa, dan peserta didik kelas III SDN Pondok Labu 14 Pagi. Hasil validasi ahli menunjukkan nilai rata-rata 92,5%, menyatakan media ini sangat layak. Uji coba pada tahap One to One, Small Group, dan Field Test mendapat skor 97,6%, 97,8%, dan 92,7%. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, menunjukan bahwa Hologram Kit merupakan media pembelajaran yang sangat layak digunakan oleh peserta didik kelas III SD untuk materi IPA siklus hidup hewan. Temuan penelitian ini mengimplikasikan bahwa media pembelajaran Hologram Kit dapat menjadi media pembelajaran yang layak digunakan dan akan disebarluaskan ke publik dengan memanfaatkan media sosial. ***** This study developed a scientific hologram-based learning media for animal life cycle material aimed for grade III elementary school, the product of this study named Hologram Kit. The purpose of this study is to produce a product and determine its feasibility. This research used research and development method (R&D) method with the ADDIE development model (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Data were collected through interviews and questionnaires, then analysed using the Creswell model. Respondents consisted of material, media, language experts, and grade III students of SDN Pondok Labu 14 Pagi. The results of expert validation showed an average value of 92,5%, stating that this media is very feasible. Trials at the One to One, Small Group, and Field Test stages produced values of 97,6%, 97,8%, and 92,7% respectively. Based on the results of data analysis, it shows that the Hologram Kit is a learning media that is very feasible to be used by grade III elementary school students. The findings of this study implied that the Hologram Kit learning media is worthy of use and will be disseminated to the public by utilizing social media.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Uswatun Hasanah, M.Pd.; 2). Dr. Iva Sarifah, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 24285 not found.
Date Deposited: 02 Sep 2024 05:14
Last Modified: 02 Sep 2024 05:14
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50732

Actions (login required)

View Item View Item