PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “HIJRA” PADA MATERI SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM “FASE HIJRAH NABI MUHAMMAD” UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDIT AL KAHFI JAKARTA

ALFIAN DWI SATRIA PUTRA, . (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “HIJRA” PADA MATERI SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM “FASE HIJRAH NABI MUHAMMAD” UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV DI SDIT AL KAHFI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (418kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (445kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (166kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (349kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1.) Menganalisis kebutuhan media pembelajaran pada materi sejarah kebudayaan islam fase hijrah Nabi Muhammad, 2.) Merancang desain media pembelajaran pada materi sejarah kebudayaan islam fase hijrah Nabi Muhammad, 3.) Membuat dan Mengembangkan produk media pembelajaran HIJRA untuk digunakan pada materi sejarah kebudayaan islam fase hijrah Nabi Muhammad, 4.) Mengimplementasikan media pembelajaran HIJRA pada materi sejarah kebudayaan islam fase hijrah Nabi Muhammad, 5.) Mengevaluasi media pembelajaran HIJRA pada materi sejarah kebudayaan islam fase hijrah Nabi Muhammad. Jenis penelitian ini adalah R & D (Research and Development) dengan menggunakan model ADDIE yang tersusun dari 5 tahap pengembangan yakni tahap analysis, untuk mengetahui permasalahan dan kebutuhan dalam pembelajaran. Tahap design, tahap membuat rancangan model media pembelajaran. Tahap development, tahap membuat produk dari rancangan desain yang sudah dibuat dan uji kelayakan dengan ahli. Tahap implementation, tahap uji penggunaan media pembelajaran kepada peserta didik dan guru, dan tahap evaluation, tahap evaluasi dan perbaikan media pembelajaran berdasar data validasi para ahli. Teknik pengumpulan data yang digunakan terdiri dari wawancara dan angket. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata nilai pretest sebesar 52.6 sedangkan rata-rata nilai posttest ialah 82.2. Adapun nilai Normalized Gain yang diperoleh yaitu sebesar 0,6485 atau dalam persentase sebesar 64,85 %. Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran HIJRA pada materi sejarah kebudayaan islam dalam kategori sedang atau cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas IV di SDIT Al Kahfi Jakarta. Kata Kunci : Media Pembelajaran, Sejarah Kebudayaan Islam, Hijrah Nabi, HIJRA ***** This research aims to: 1.) Analyze the need for learning media in the Islamic cultural history material of the hijrah phase of the Prophet Muhammad, 2.) Design the design of learning media on the historical material of Islamic culture in the hijrah phase of the Prophet Muhammad, 3.) Create and develop HIJRA learning media products to be used in the historical material of Islamic culture in the hijrah phase of the Prophet Muhammad, 4.) Implement HIJRA learning media in the historical material of Islamic culture in the hijrah phase of the Prophet Muhammad, 5.) Evaluating HIJRA learning media on the historical material of Islamic culture during the hijrah phase of the Prophet Muhammad. This type of research is R&D (Research and Development) using the ADDIE model which consists of 5 stages of development, namely the analysis stage, to find out the problems and needs in learning. The design stage, the stage of making a learning media model design. The development stage, the stage of making products from design designs that have been made and feasibility tests with experts. The implementation stage, the test stage of the use of learning media to students and teachers, and the evaluation stage, the evaluation and improvement stage of learning media based on the validation data of experts. The data collection techniques used consisted of interviews and questionnaires. Data analysis techniques are carried out qualitatively and quantitatively. The results of this study show that the average pretest score is 52.6 while the average posttest score is 82.2. The Normalized Gain value obtained is 0.6485 or in a percentage of 64.85%. Therefore, it can be concluded that HIJRA learning media on Islamic cultural history material is in the moderate category or is quite effective in improving student learning outcomes in grade IV at SDIT Al Kahfi Jakarta. Key words : Learning Media, Islamic Cultural History, Hijrah Prophet, HIJRA

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Firdaus Wajdi, S.Th.I,MA,Ph.D ; 2). Dr. Amaliyah, MA.
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Alfian Dwi Satria Putra .
Date Deposited: 23 Sep 2024 01:06
Last Modified: 23 Sep 2024 23:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50836

Actions (login required)

View Item View Item