FERLYNA BALQIS, . (2024) STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI ADAPTIF PADA PESERTA DIDIK AUTISME DI RUMAH AUTIS TANJUNG PRIOK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (328kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (391kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (321kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (490kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (191kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (259kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan jasmani adaptif merupakan program individual yang didalamnya terdapat berbagai aktivitas olahraga yang sudah disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan anak berkebutuhan khusus. Agar tujuan dari pembelajaran pendidikan jasmani adaptif dapat terpenuhi secara maksimal, dibutuhkan strategi pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran pendidikan jasmani adaptif untuk anak autis. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif yang dianalisis menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Subyek dari penelitian ini adalah guru kelas dan kepala program. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi non partisipatif yang dilakukan pada kelas SKF-B, wawancara dengan guru kelas dan kepala program, dan dokumentasi. Keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil dari penelitian ini adalah tujuan pembelajaran dari pendidikan jasmani adaptif di rumah autis yaitu meningkatkan kemampuan motorik kasar dan sensori anak autis. Tujuan pembelajaran dirumuskan dengan melihat kompetensi dasar dari kurikulum SLB dan kebutuhan peserta ddik. Materi pembelajaran yang diajarkan dalam mata pelajaran pendidikan jasmani adalah bermain sepakbola, bermain basket, lari, dan renang. Metode pembelajaran yang digunakan yaitu bercerita, demonstrasi, dan drill. Media pembelajaran yang digunakan yaitu bola sepak, bola basket, cone lari, dan papan renang. Evaluasi belajar yang digunakan yaitu tes tulis dan tes praktek. Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi pembelajaran pendidikan jasmani adaptif di Rumah Autis Tanjung Priok melibatkan tujuan pembelajaran yaitu meningkatkan motorik kasar dan sensori anak autis dengan materi sepakbola, basket, lari, dan renang. Metode yang digunakan yaitu bercerita, demonstrasi, dan drill. Media yang digunakan yaitu bola sepak, bola basket, gawang, ring, cone, dan papan renang. Evaluasi yang digunakan yaitu tes tulis dan praktek. Peserta didik autis di Rumah Autis Tanjung Priok tergolong anak autis ringan namun memiliki karakteristik yang beragam. Implikasi dari penelitian ini adalah strategi pembelajaran dibutuhkan agar guru dapat memberikan pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik autis dan meminimalisir kendala atau masalah yang terjadi selama proses pembelajaran. Kata Kunci: strategi pembelajaran, pendidikan jasmani adaptif, autisme Adaptive physical education is an individual program in which there are various sports activities that have been adapted to the abilities and needs of children with special needs. In order for the objectives of adaptive physical education learning can be fulfilled optimally, learning strategies are needed. The aim of this research is to describe the learning strategis of adaptive physical education for children with autism. The approach used in this research is qualitative with descriptive methods which are analyzed using Miles and Huberman data analysis techniques, namely data reduction, data presentation and drawing conclusions. The subjects of this research were class teacher and the head of the program. Data collection in this research used non-participatory observation carried out in SKF-B class, interviews with class teacher and the head of the program, and documentation. Validity of data using triangulation of source and techniques. The results of this research are the learning objectives of adaptive physical education in autistic homes, namely improving the gross motor and sensory abilities of autistic children. Learning objectives are formulated by looking at the basic competencies of the SLB curriculum and the needs of students. The learning materials taught in physical education subjects are playing football, playing basketball, running and swimming. The learning methods used are storytelling, demonstration and drill. The learning media used are soccer balls, basketballs, running cones and swimming boards. The learning evaluations used are written tests and practical tests. The conclusion of this research is that the adaptive physical education learning strategy at the Tanjung Priok Autism Home involves learning objectives, namely improving the gross motor and sensory skills of autistic children with football, basketball, running and swimming material. The methods used are storytelling, demonstration and drill. The media used are soccer balls, basketballs, goals, rings, cones and swimming boards. The evaluation used is written and practical tests. Autistic students at the Tanjung Priok Autism Home are classified as mildly autistic but have various characteristics. The implication of this research is that learning strategies are needed so that teachers can provide learning that suits the needs of autistic students and minimize obstacles or problems that occur during the learning process. Keywords: learning strategy, adaptive physical education, autism
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1. Drs. Bahrudin, M.Pd 2. Dra. Siti Nuraini Purnamawati, M.Sp.Ed |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Khusus |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa |
Depositing User: | Users 23665 not found. |
Date Deposited: | 09 Sep 2024 04:43 |
Last Modified: | 09 Sep 2024 04:43 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50846 |
Actions (login required)
View Item |