PENGEMBANGAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR BERBASIS METODE SQ3R DALAM PENERAPAN LITERASI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SEKOLAH DASAR

YUSTIKA SESARIA PUTRI, . (2024) PENGEMBANGAN MEDIA BUKU CERITA BERGAMBAR BERBASIS METODE SQ3R DALAM PENERAPAN LITERASI PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER..pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (523kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (662kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (785kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (924kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa Media Buku Cerita Bergambar Berbasis Metode SQ3R Dalam Penerapan Literasi Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar. Analisis kebutuhan dilaksanakan di SDN Pulo Gadung 01 Pagi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Terdapat 5 tahapan yang dilakukan dalam pengembangan ini yaitu tahap analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan kuesioner. Responden dalam pengembangan ini adalah satu dosen ahli materi, satu dosen ahli media, satu dosen ahli bahasa, dan peserta didik Kelas IV SDN Pulo Gadung 01 Pagi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Media Buku Cerita Bergambar Berbasis Metode SQ3R Dalam Penerapan Literasi Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar dinilai sangat baik, hal ini terlihat dari nilai rata-rata menurut para ahli sebesar 87.2%, dan kuesioner peserta didik sebesar 92.7%. Media Buku Cerita Bergambar Berbasis Metode SQ3R Dalam Penerapan Literasi Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar ini termasuk dalam kriteria sangat baik, sehingga layak digunakan dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.***** This development research aims to develop products of Development of Illustrated Storybook Media Based on The SQ3R Method in Applying Literacy in Indonesian Language Lessons for Class IV in Pulo Gadung 01 Elemetary School. The research method used the research and development (R&D) with the ADDIE development model. There are 5 stages carried out in this development, namely the analysis stage, design, development, implementation, and evaluation. Data collection techniques use observation, interviews and questionnaires. The respondents in this development with material expert lecturer, media expert lecturer, language expert lecturer, and Class IV students at Pulo Gadung 01 Elementary School. The research result showed that the Illustrated Storybook Media is considered very good rated very good, this can be seen from the average score according to experts of 87.2%, and the student questionnaire of 92.7%. Illustrated Storybook Media Based on The SQ3R Method in Applying Literacy in Indonesian Language Lessons for Class IV in Pulo Gadung 01 Elemetary School is included in the very good criteria, so it is suitable for use in Indonesian Language Lessons.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Gusti Yarmi, M.Pd. ; 2). Dr. Prayuningtyas Angger Wardhani, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 25644 not found.
Date Deposited: 10 Sep 2024 23:15
Last Modified: 10 Sep 2024 23:15
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50851

Actions (login required)

View Item View Item