PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA KELAS II SDN CAKUNG TIMUR 01

NOVI RIANI LUMBANTORUAN, . (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK SISWA KELAS II SDN CAKUNG TIMUR 01. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (493kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (570kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (648kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (637kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (288kB)
[img] Text
LAMPIRAN (29)_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video animasi terhadap keterampilan menyimak siswa kelas II SDN Cakung Timur 01. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-Experimental Design dengan rancangan penelitian One-Group Pretest-Posttest Design dan teknik pengambilan sampel berupa Purposive Sampling. Sampel yang diteliti adalah siswa kelas IIB SDN Cakung Timur 01 yang terdiri atas 31 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang baik dari penggunaan media video animasi terhadap keterampilan menyimak siswa kelas II SDN Cakung Timur 01. Berdasarkan hasil uji hipotesis (uji-T), dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan antara skor pretest dan post-test. Rata-rata skor post-test lebih tinggi sebesar 4.67742 poin dibandingkan skor pretest, dan perbedaan ini signifikan secara statistik dengan nilai p < 0.001. Interval kepercayaan 95% untuk perbedaan rata-rata menunjukkan bahwa perbedaan sebenarnya dalam populasi berkisar antara -6.79174 hingga -2.56310, yang tidak mencakup nol. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan media video animasi berpengaruh terhadap keterampilan menyimak siswa kelas II SDN Cakung Timur 01. ***** This research aims to determine the effect of using animated video media on students listening skills in class II SDN Cakung Timur 01. The method used is Pre-Experimental Design with a One-group Pretest-Posttest Design research design and sampling technique in the form of purposive sampling. The sample were class IIB students of SDN Cakung Timur 01 consisting of 31 students. The results of the study showed that there was a good influence from the use of animated video media on the listening skills of class II students at SDN Cakung Timur 01. Based on the results of the hypothesis test (T-test), it can be concluded that there is a significant increase between the pretest and post-test scores. The average post-test score is higher by 4.67742 points compared to the pretest score, and this difference is statistically significant with a p value <0.001. The 95% confidence interval for the difference in means indicates that the actual difference in the population ranges from -6.79174 to -2.56310, which does not include zero. This proves that the use of animated video media has an effect on the listening skills of grade II students of SDN Cakung Timur 01.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Gusti Yarmi, M.Pd. ; 2). Dr. Linda Zakiah, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 25645 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2024 00:34
Last Modified: 11 Sep 2024 00:34
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50884

Actions (login required)

View Item View Item