PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN ISPRING SUITE PADA ELEMEN PENGELOLAAN BISNIS RITEL

SITI NURHAZIZAH, . (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN ISPRING SUITE PADA ELEMEN PENGELOLAAN BISNIS RITEL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (583kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (156kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (567kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (211kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pergantian Kurikulum 2013 menjadi Kurikulum Merdeka adalah langkah penting untuk mencapai tujuan pendidikan nasional. Namun, perubahan ini sering disertai ketidakpastian dan mempengaruhi mutu pendidikan. Implementasi Kurikulum Merdeka menghadapi berbagai rintangan, seperti kekurangan sumber pembelajaran dan buku paket yang relevan, sehingga menghambat minat dan pemahaman siswa. Untuk mengatasi masalah ini, sekolah perlu mengembangkan media pembelajaran alternatif seperti modul pembelajaran. E-modul, versi elektronik dari modul cetak, menawarkan keunggulan yang interaktif, kemudahan akses, dan meningkatkan keterlibatan siswa. Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam pendidikan, termasuk e-modul, dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul interaktif berbasis Android menggunakan iSpring Suite pada elemen pengelolaan bisnis ritel serta menguji kelayakannya. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model pengembangan 4D yang mencakup tahap define, design, develop, dan disseminate. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan e-modul berbasis Android pada elemen pengelolaan bisnis ritel memperoleh respons positif dari peserta didik dan guru. Hasil validasi menunjukkan bahwa e-modul yang dikembangkan dinilai sangat layak oleh ahli media, materi, dan desain pembelajaran dengan perolehan nilai masing-masing 95%, 92%, dan 90%. Hal ini membuktikan bahwa e-modul interaktif berbasis Android pada elemen Pengelolaan Bisnis Ritel dapat diterima dengan baik dan layak untuk meningkatkan pembelajaran mandiri dan pemahaman dalam materi jenis-jenis bisnis ritel. ***** The changes of Kurikulum 2013 to Kurikulum Merdeka is an important step to achieve the goals of national education. However, these changes are often accompanied by uncertainty and affect to the quality of education. The implementation of Kurikulum Merdeka faces various obstacles, such as lack of relevant learning resources and textbooks, thus hampering students' interest and understanding. To overcome this problem, schools need to develop alternative learning media such as learning modules. E-modules, electronic versions of printed modules, offer the advantages of interactivity, ease of access, and increased student engagement. The use of information and communication technology (ICT) in education, including e-modules, can increase learning effectiveness. This research aims to develop an Android-based interactive e-module using iSpring Suite on the elements of retail business management and test its feasibility. This research uses the Research and Development method with a 4D development model that includes the stages of define, design, develop, and disseminate. The results showed that the development of Android-based e-modules on retail business management elements received a positive response from students and teachers. The validation results show that the e-module developed is considered very feasible by media, material and learning design experts with average scores of 95%, 92% and 90% respectively. This shows that the Android based interactive e-module using iSpring Suite on retail business management elements can be well received and is suitable for use to increase independent learning and understanding of material on types of retail business.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Roni Faslah, S.Pd., M.M. ; 2). Nadya Fadillah F, S.Pd., M.Pd.
Subjects: Ilmu Sosial > Perdagangan, e-commerce
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FE > S1 Pendidikan Bisnis
Depositing User: Users 25132 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2024 04:32
Last Modified: 12 Sep 2024 04:32
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50911

Actions (login required)

View Item View Item