MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM POSING PESERTA DIDIK KELAS V SDN 22 PAGI PALMERAH JAKARTA BARATMENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM POSING PESERTA DIDIK KELAS V SDN 22 PAGI PALMERAH JAKARTA BARAT

ARIMA NUR SYAFITRI, . (2024) MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM POSING PESERTA DIDIK KELAS V SDN 22 PAGI PALMERAH JAKARTA BARATMENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM POSING PESERTA DIDIK KELAS V SDN 22 PAGI PALMERAH JAKARTA BARAT. Sarjana thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
COVER.pdf

Download (502kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (254kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (372kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (454kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (215kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis matematika peserta didik kelas V SDN Palmerah 22 Pagi Jakarta Barat melalui pembelajaran berbasis problem posing. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah 20 orang peserta didik. Data dikumpulkan melalui tes keterampilan berpikir kritis dan observasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Pada tahap pre-test, tidak ada peserta didik yang mencapai target nilai tes keterampilan berpikir kritis sebesar 80. Setelah siklus I, persentase peserta didik meningkat menjadi 70%. Pada siklus II, seluruh peserta didik (100%) berhasil mencapai target tersebut. Berdasarkan hasil penelitian ini, disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis problem posing efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis matematika peserta didik kelas V SDN Palmerah 22 Pagi. Penelitian ini merekomendasikan penerapan metode pembelajaran ini sebagai alternatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di sekolah dasar. Kata kunci: keterampilan berpikir kritis, problem posing, pembelajaran matematika, penelitian tindakan kelas (PTK).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Dudung Amir Soleh, M. Pd; 2). Dr. Uswatun Hasanah M.Pd
Uncontrolled Keywords: keterampilan berpikir kritis, problem posing, pembelajaran matematika, penelitian tindakan kelas (PTK).
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 24293 not found.
Date Deposited: 17 Sep 2024 05:19
Last Modified: 17 Sep 2024 05:19
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50953

Actions (login required)

View Item View Item