EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMK BERBASIS KURIKULUM MERDEKA: STUDI KASUS SMKN 25 JAKARTA

FARIZKI SETYO BAWONO, . (2024) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMK BERBASIS KURIKULUM MERDEKA: STUDI KASUS SMKN 25 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (705kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (539kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (700kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (593kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (378kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran sejarah di SMK Negeri 25 Jakarta yang meliputi proses pembelajaran sejarah di kelas dan hambatan-hambatan yang ditemui. Metode yang digunakan untuk kajian penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Guru Mata Pelajaran dan siswa. Dalam pelaksanaan pembelajaran, terdapat berbagai kendala yang menganggu proses pembelajaran sejarah. Kendala-kendala tersebut seperti guru yang kesulitan dalam menyelesaikan materi yang banyak dalam waktu yang singkat, aktivitas guru di luar kelas, fasilitas penunjang belajar dan semangat dari peserta didik dalam pembelajaran sejarah. Pembelajaran sejarah di SMK Negeri 25 Jakarta dapat dikatakan cukup efektif, mengacu kepada Hakikat Kurikulum Merdeka, yang menyebutkan bahwa Merdeka Belajar adalah suatu pengembangan potensi peserta didik dengan kebebasan berpikir dan kebebasan otonomi yang diberikan kepada elemen pendidikan, maka guru telah melaksanakan pembelajaran yang sesuai dari tahap perencanaan sampai tahap evaluasi. ***** This research aims to describe the effectiveness of history learning at SMK Negeri 25 Jakarta, includes the history learning process in class and the obstacles encountered. The method used for this research study is qualitative research method. Research data was obtained through observation, interviews and documentation. The research subjects consisted of the Principal, Deputy Principal for Curriculum, Subject Teachers and students. In implementing learning, there are various obstacles that disrupt this process. These obstacles include teachers who have difficulty completing a lot of material in a short time, the presence of teachers, learning support facilities and the enthusiasm of students in learning history. History learning at SMK Negeri 25 Jakarta can be said to be quite effective, referring to the essence of the Kurikulum Merdeka, which states that Merdeka Belajar is the development of students' potential with freedom of thought given to elements of education, so the teacher has carried out appropriate learning from this stage.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. M. Fakhruddin, M.Si. ; 2). Dr. Nur’aeni Marta, S.S., M.Hum.
Subjects: Ilmu Sejarah > Aneka Ragam Sejarah dan Teori Sejarah
Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 23224 not found.
Date Deposited: 29 Sep 2024 22:54
Last Modified: 29 Sep 2024 22:54
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50956

Actions (login required)

View Item View Item