PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI IPAS BERBASIS INQUIRY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

SULISTYANI PUTERI RAMADHANI, . (2024) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI IPAS BERBASIS INQUIRY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01. COVER_compressed.pdf

Download (981kB)
[img] Text
02. BAB 1_compressed.pdf

Download (513kB)
[img] Text
03. BAB 2_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB) | Request a copy
[img] Text
04. BAB 3_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (494kB) | Request a copy
[img] Text
05. BAB 4_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
06. BAB 5_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB) | Request a copy
[img] Text
07. DAFTAR PUSTAKA_compressed.pdf

Download (329kB)
[img] Text
08. LAMPIRAN_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perubahan pembelajaran yang menuntut kegiatan yang menyenangkan dengan bantuan teknologi. Pemanfaatan video animasi pembelajaran dapat memudahkan siswa memahami konsep IPAS secara menyeluruh. Tujuan dari penelitian ini untuk mengembangkan video animasi, tentunya peneliti memperhatikan kebutuhan siswa. Pengembangan Video Animasi untuk siswa kelas IV Sekolah Dasar merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang terdiri dari tahapan Analisis, Desain, Development, Implementation dan Evaluasi. Analisis kebutuhan dikumpulkan dari 2951 siswa dan 233 guru Sekolah Dasar. Penilaian Video Animasi IPAS berbasis inquiry learning dinilai dari 9 pakar ahli yaitu 3 ahli materi, 3 ahli media dan 3 ahli bahasa. Hasil dari uji penilaian ahli terkait media, materi dan bahasa pada video animasi berbasis Inquiry Learning diperoleh kesimpulan bahwa video animasi IPAS berbasis inquiry learning layak digunakan. Pada tahap evaluasi perorangan dan evaluasi kelompok kecil menunjukkan rerata respon siswa terhadap video animasi ini sebesar 92.45 dan 94.38 termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil penelitian dengan melibatkan 136 siswa menggunakan desain pretest-posttes menunjukkan adanya perbedaan rerata nilai siswa. Hasil tes keterampilan berpikir kritis setelah menggunakan video berbasis Inquiry learning dengan rata-rata adanya peningkatan nilai siswa. Hasil uji perbedaan rerata pre-post menggunakan uji independent sample t-test diketahui nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.00 < 0.05, yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata nilai dari soal keterampilan berpikir kritis peserta didik pada kelas yang menggunakan Video Animasi berbasis Inquiry learning dengan kelas yang tidak menggunakan Video Animasi berbasis Inquiry learning. Berikutnya hasil uji efektivitas melalui size effect cohens diperoleh prosentase rata-rata efektivitas 0,52 dan 0,55 kategori memiliki efek sedang dan berdasarkan rata-rata hasil penilaian aktivitas respon siswa dalam kategori sangat baik. Kesimpulan hasil penelitian pengembangan video animasi berbasis inquiry learning memiliki nilai inovatif, layak untuk diterapkan dalam proses pembelajaran dan dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa Kelas IV Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Nadiroh, M.Pd 2). Prof Dr. Herlina, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Divisions: PASCASARJANA > S3 Pendidikan Dasar
Depositing User: Users 25709 not found.
Date Deposited: 19 Sep 2024 05:54
Last Modified: 19 Sep 2024 05:54
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50959

Actions (login required)

View Item View Item