ERIK, . (2024) MODEL PEMBELAJARAN SEKOLAH ALAM DALAM MENGEMBANGKAN PERILAKU KEPEMIMPINAN ANAK USIA DINI (Studi Etnografi di TK Alam Al Ghifari Kuningan Jawa Barat). Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. COVER.pdf Download (697kB) |
|
Text
2. BAB I.pdf Download (535kB) |
|
Text
3. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (495kB) | Request a copy |
|
Text
4. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (418kB) | Request a copy |
|
Text
5. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (347kB) | Request a copy |
|
Text
7. DAFTAR PUSTAKA-1.pdf Download (433kB) |
|
Text
8. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (675kB) | Request a copy |
Abstract
Kepemipinan merupakan aspek yang dapat dikembangkan sejak anak usia dini. Penelitian ini bertujuan menemukan model pembelajaran yang mendukung dalam perilaku kepemimpinan pada anak usia dini. Penelitian ini adalah untuk menggali dan memaknai data yang menggambarkan perilaku kepemimpinan pada anak usia dini. Belum banyak sekolah yang mengembangkan perilaku kepemimpinan dan bagaimana kepemimpinan berproses melalui kegiatan pembelajaran di sekolah. Hal ini yang menjadi ketertarikan peneliti untuk mengkaji proses pembelajaran perilaku kepemimpinan pada anak usia dini. Lokasi penelitian di TK Alam Al Ghifari Kuningan dengan menggunakan metode etnografi yang melibatkan 15 anak sebagai subyek. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Analisis data yang digunakan yaitu model Spradley yang meliputi analisis domain, analisis taksonomi, analisis komponensial, dan analisis tema kultural. Analisis ini didasarkan pada eksplorasi kegiatan di sekolah alam yang bertujuan mengembangkan perilaku kepemimpinan melalui kegiatan outbound, kebun edukasi, dan karyawisata. Temuan penelitian menunjukan bahwa serangkaian program yang ada di TK Alam Al Ghifari Kuningan mendukung dalam pengembangan perilaku kepemimpinan diantaranya sikap percaya diri, harapan, optimis ,dan resiliensi . Kesimpulan dari penelitian ini bahwa perilaku kepemimpinan anak usia dini dapat dioptimalkan melalui pengembangan: (1) Kurikulum pembelajaran yang diarahkan kepada perilaku kepemimpinan, (2) Model pembelajaran sekolah alam membentuk perilaku kepemimpinan anak, (3) Potensi kepemimpinan yang ada pada diri anak dan (4) Pola asuh orangtua di lingkungan rumah. Kata Kunci Anak Usia Dini, Kepemimpinan, Model Pembelajaran Berbasis Sekolah Alam, Potensi Diri Anak, Berkembang Dengan Baik. *********** Leadership Is An Aspect That Can Be Developed From An Early Age. This Research Aims To Find A Learning Model That Supports Leadership Behavior In Early Childhood. This Research Is To Explore And Interpret Data That Describes Leadership Behavior In Early Childhood. Not Many Schools Have Developed Leadership Behavior And How Leadership Processes Through Learning Activities At School. This Is Of Interest To Researchers In Studying The Process Of Learning Leadership Behavior In Early Childhood. The Research Location Was At Alam Al Ghifari Kuningan Kindergarten Using Ethnographic Methods Involving 15 Children As Subjects. This Type Of Research Is Qualitative. The Data Analysis Used Is The Spradley Model Which Includes Domain Analysis, Taxonomic Analysis, Componential Analysis And Cultural Theme Analysis. This Analysis Is Based On An Exploration Of Activities In Natural Schools Which Aim To Develop Leadership Behavior Through Outbound Activities, Educational Gardens And Field Trips. Research Findings Show That A Series Of Programs At The Alam Al Ghifari Kuningan Kindergarten Support The Development Of Leadership Behavior Including Self-Confidence, Hope, Optimism And Resilience. The Conclusion Of This Research Is That Early Childhood Leadership Behavior Can Be Optimized Through The Development Of: (1) Learning Curriculum Directed At Leadership Behavior, (2) Natural School Learning Models That Shape Children's Leadership Behavior, (3) Leadership Potential That Exists In Children And ( 4) Parental Parenting Patterns In The Home Environment.
Item Type: | Thesis (Doktor) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof.dr. Fasli Jalal, Ph.D. ; 2). Dr Hapidin, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan |
Divisions: | PASCASARJANA > S3 Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Users 25235 not found. |
Date Deposited: | 25 Sep 2024 23:43 |
Last Modified: | 29 Sep 2024 23:55 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/50994 |
Actions (login required)
View Item |