ANNISA FATIHATU ROHMAN, . (2024) PENGEMBANGAN MODUL PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA UNTUK MENINGKATKAN OPTIMISME SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (905kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (216kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (384kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (370kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (979kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (109kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (260kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) untuk meningkatkan optimisme siswa SMA. Studi ini dilakukan di SMAN 97 Jakarta menggunakan model penelitian pengembangan Educational Design Research (McKenney dan Reeves, 2012). Proses penelitian terdiri dari tiga tahap: 1) Analisis dan Eksplorasi, yakni peneliti melakukan studi literatur, diskusi dengan dosen pembimbing, serta kunjungan lapangan untuk menyebarkan kuesioner tingkat optimisme siswa menggunakan instrumen optimisme Seligman (Shabrina, 2018). 2) Desain dan Konstruksi, yakni peneliti membuat kisi-kisi kegiatan P5 dan desain modul projek. 3) Evaluasi dan Refleksi, yakni peneliti menguji kelayakan modul kepada ahli media, ahli materi, dan guru BK. Penelitian ini melibatkan 178 partisipan dan menemukan bahwa sekitar 69% siswa kelas X di SMAN 97 Jakarta memiliki optimisme tingkat sedang, dengan rincian per-aspek optimisme adalah permanence (43%), pervasiveness (72%), dan personalization (84%) dengan ciri-ciri umum yakni siswa sudah seimbang dalam menerapkan optimisme dalam menyikap suatu kejadian positif dan negatif. Penelitian ini menghasilkan modul P5 yang terdiri dari 4 alur dan 16 kegiatan yang diadaptasi dari program "The Well Being Promotion Program" (Suldo, 2016). Modul ini ditujukan untuk guru di sekolah dan guru BK yang berperan sebagai koordinator kegiatan P5, untuk mengarahkan guru sebagai fasilitator projek. Hasil penilaian modul menunjukkan kelayakan yang sangat tinggi: uji ahli media sebesar 96%, uji ahli materi sebesar 90%, dan uji keterbacaan oleh guru BK sebesar 78,3%. Konten modul P5 mencakup profil modul, 4 alur projek (pengenalan, kontekstualisasi, aksi, refleksi & tindak lanjut), kegiatan-kegiatan terkait, asesmen formatif dan sumatif, serta format rapor projek. Modul ini dapat digunakan oleh guru di sekolah dalam melaksanakan kegiatan P5 untuk meningkatkan optimisme siswa SMA. ***** This study aims to develop a Pancasila Student Profile Strengthening Project (P5) module to enhance optimism among high school students. The research was conducted at SMAN 97 Jakarta using the Educational Design Research model by McKenney and Reeves, (2012). The research process comprises three stages: 1) Analysis and Exploration, where the researcher conducted a literature review, discussions with advisors, and field visits to distribute student optimism questionnaires using Seligman's optimism instrument (Shabrina, 2018). 2) Design and Construction, where the researcher created activity grids for P5 and designed the project module. 3) Evaluation and Reflection, where the researcher tested the module's feasibility with media experts, subject matter experts, and school counselors. This study involved 178 participants and found that approximately 69% of 10th-grade students at SMAN 97 Jakarta have a moderate level of optimism. The detailed breakdown of optimism per aspect is as follows: permanence (43%), pervasiveness (72%), and personalization (84%), with the general characteristic being that students are balanced in applying optimism when dealing with both positive and negative events.The study resulted in the P5 module, comprising 4 pathways and 16 activities adapted from "The Well Being Promotion Program" (Suldo, 2016). This module is intended for school teachers and school counselors, who act as coordinators for P5 activities, to guide teachers as project facilitators. Module evaluations indicated high feasibility: 96% by media experts, 90% by subject matter experts, and 78.3% by school counselors. The P5 module content includes the module profile, 4 project pathways (introduction, contextualization, action, reflection & follow-up) along with related activities, formative and summative assessments, and project report formats. This module can be utilized by school teachers to conduct P5 activities aimed at enhancing high school students' optimism.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Eka Wahyuni, MAAPD; 2). Dr. Happy Karlina Marjo, M.Pd., Kons. |
Subjects: | Pendidikan > Bimbingan dan Konseling Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling |
Depositing User: | Users 23876 not found. |
Date Deposited: | 29 Sep 2024 23:21 |
Last Modified: | 29 Sep 2024 23:21 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/51028 |
Actions (login required)
View Item |